PANDUAN

Inilah Penyebab Mata Kucing Berair dan Cara Mengobatinya

Penyebab Mata Kucing Berair dan Cara Mengobatinya

Enggok.com – Pernah ga kalian nemuin atau ngalamin kucing kalian belekan atau Mata Kucing Berair?. Ternyata penyakit mata ini bukan saja terjadi pada manusia, kucing pun juga bisa mengalami hal yang serupa.

Mungkin disini ada yang penasaran sebenarnya kenapa sih kucing bisa sampai sakit mata kayak gitu dan apa penyebabnya?

Kali ini penulis akan membahas mengenai masalah yang sering terjadi pada Mata kucing berair, belekan, mata memerah, bengkak dan sebagainya, oleh karena itu simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Mata Kucing Berair

Penyebab Mata Kucing Berair

Alasan kucing terkena sakit mata sampai matanya berair itu ada beberapa penyebab, yang paling umum terjadi yaitu ketika ada kotoran atau debu yang masuk dan nempel di mata kucing, kadang ada yang sampai terlalu lama dibiarkan hingga akhirnya mengerak dan menjadi menjadi keras.

Kotoran yang Mengeras ini cenderung ditumbuhi kuman dan bakteri, sehingga area sekitar mata terjadi belekan atau matanya berair secara terus menerus. Cairan yang keluar merupakan suatu bentuk proteksi diri tubuh kucing dalam melawan gangguan yang dialami.

Namun ada pula faktor lain yang mempengaruhi mata kucing berair seperti berikut ini.

1. Produksi Air Mata yang Berlebihan

Ada beberapa kucing yang memiliki bulu-bulu yang berada berdekatan dengan bola mata mereka, sehingga kucing-kucing ini beradaptasi dengan lingkungan tersebut dan memproduksi air mata yang lebih banyak.

Jangan khawatir dulu karna kondisi ini masih dibilang wajar, itu merupakan bagian dari tubuhnya yang menghindari kontaminasi terhadap bulu tersebut.

2. Tergores Sehingga Menyebabkan Luka

Untuk point ini bisa terjadi dikarenakan oleh berbagai aktivitas kucing yang tidak disengaja, namun apabila luka itu tak kunjung sembuh itu malah bisa mengakibatkan radang konjungtiva pada si kucing.

Hal ini dikarenakan bakteri yang ikut masuk ke dalam luka sehingga menyebabkan sensasi rasa perih, dan panas. Mata yang luka, dia akan melindungi diri dengan mengeluarkan cairan bening semacam air mata untuk membersihkan diri.

Jika ini sampai dibiarkan terlalu lama itu dapat menyebabkan kebutaan pada si kucing.

3. Cacing Mata

Penyebab yang sering terjadi dari mata yang berair juga merupakan ulah cacing di mata, cacing ini sangat kecil dan sangat mengganggu bisa menyebabkan mata terasa gatal dan mengakibatkan penglihatan si kucing terganggu, jika kalian mendapati sebuah cacing di mata kucing segeralah hubungi dokter.

Baca Juga  13 Ciri-Ciri Kucing Demam Panas Yang Perlu Kamu Ketahui

Cacing ini juga sebenarnya mudah untuk dilihat sekalipun dengan mata telanjang, bahayanya dari cacing di mata ini yaitu apabila ia bertelur di mata lalu Lavanya ini tumbuh, sehingga mudah sekali dihinggapi oleh lalat.

Oleh karna itu bakteri lain juga mungkin akan ikut masuk karena dibawa oleh lalat yang hinggap. Cacing mata ini juga bisa mengakibatkan terjadinya Konjungtiva (radang selaput mata) pada kucing. Oleh karna itu cacing di mata ini dafat menimbulkan komplikasi yang serius.

Jika kamu sudah menemukan tanda-tanda adanya cacing dimata kucing segera hubungi dokter, sebelum keadaan semakin parah.

4. Nasolaccrimal Occlusion

Terdapat gangguan pada salah satu organ yang bertugas untuk mengeringkan mata dari air, di mana seharusnya dalam tubuh kucing terdapat sebuah sistem yang mampu mengatur Kapan mata perlu dilumasi air dan kapan air itu harus berhenti atau dirasa sudah cukup.

Namun terdapat masalah pada organ ini sehingga ia bekerja tidak semana mestinya, hingga mengakibatkan air Mata keluar berlebih dan menyebabkan mata kucing berair tanpa henti.

5. Radang Paru Pada Kucing

Gejala mata berair juga itu ditimbulkan oleh penyakit radang paru pada kucing, dan bukan hanya itu kucing juga akan mengalami pilek, kesulitan bernapas, serta bersin-bersin.

Penyebab penyakit ini ditimbulkan oleh virus yang bernama Chlamidia Psitacii.

Virus ini dapat menular, jadi usahakan selalu pastikan kebersihannya dan pisahkan dari kucing yang lain yang ada disekitarnya.

6. Virus Herpes

Virus memang kerap menjadi biang permasalahan pada kesehatan kucing, salah satunya virus herpes ini yang dapat menyebabkan mata kucing berair, bengkak, kemerahan, dan belekan. Tak jarang virus ini menyerang hanya satu mata.

Bahkan stress pun menjadi faktor pemicu pesatnya pertumbuhan virus herpes ini, Kucing yang terserang virus ini cenderung menghindari cahaya.

Jika kondisi kucing masih cenderung wajar, mata kucing berair bukanlah sesuatu hal yang harus di kawatirkan, karena memang pada umumnya kucing membutuhkan pelumas pada kornea matanya, karena tak baik juga jika matanya kering.

Namun apabila kucing sudah memperlihatkan tanda-tanda ya tidak wajar dan hal ini terjadi tanpa henti, disini kamu perlu waspada dan perlu mengambil tindakan yang lebih lanjut.

Mengatasi Mata Kucing Yang Berair

Mengatasi Mata Kucing Yang Berair

1. Pisahkan Kucing dari yang lain

Mengkarantina kucing yang mengalami infeksi mata merupakan salah satu upaya dalam penyembuhan si kucing, membuat dia agar dapat beristirahat dan terhindar dari bahaya bulu kucing lain yang mungkin rontok.

Baca Juga  13 Tanda-Tanda Kucing Sakit Parah

Ia juga tidak akan semakin terinfeksi dan membuat keadaan matanya menambah parah, biasanya kucing yang bermasalah pada matanya itu memerlukan penanganan khusus agar ia cepat pulih.

2. Membersihkan Kotoran Mata Kucing

Kucing yang bermasalah pada matanya, ia cenderung sekali mudah teriritasi oleh lingkungan sekitar, karena itu banyak sekali kotoran yang muncul dikarenakan penyakit matanya bukan hanya mata kucing berair seperti belek, nanah, dan sebagainya pun ikut muncul.

Oleh sebab itu kita berkewajiban untuk selalu membersihkan matanya supaya terhindar dari kuman kuman yang ditimbulkan dari kotoran tersebut dengan cara menggunakan kapas yang lembut. Jika kotoran mengeras, bisa basahi kapas dengan sedikit air hangat agar kotoran mudah terangkat.

Membersihkan kotoran mata kucing juga ini dapat membantu mereka untuk memudahkan membuka matanya sehingga aktivitasnya tidak terlalu terganggu.

3. Memberi Obat Mata Untuk Mengobatinya

Ini juga bisa jadi salah satu bentuk upaya cara mengobati mata kucing yang berair, terutama jika mata kucing hanya merah misalnya.

Kalian juga bisa menggunakan obat tetes mata khusus kucing yang bisa kalian dapatkan di pet shop terdekat di rumah kalian, namun Jangan pernah menggunakan obat tetes manusia pada kucing, karena hal itu bisa mengakibatkan timbulnya bengkak bagi si kucing.

4. Bawa ke Dokter Jika Memang Dirasa Perlu

Salah satunya jalan terbaik memang bawa kucing kalian ke dokter apabila jika kondisi mata kucing kalian sudah dinilai parah dan perlu penanganan khusus.

Karna dokter itu memang lebih tahu banyak soal seluk beluk tubuh kucing dan metabolismenya, di bawah penanganan dokter kesehatan kucing akan lebih jauh terjamin.

5. Buat Kucing Merasa Rileks

Seperti yang dijelaskan diatas, stress juga bisa jadi banyak pemicu penyakit kucing, salah satu contohnya yaitu hepatitis tadi.

Makanya itu membuat kucing rileks itu sangat bagus untuk menjaga kesehatannya, karna banyak dari beberapa penyakit dapat menjangkit kucing ketika dia dalam kondisi stres.

Cukup di sini saja pembahasan mengenai mata kucing berair, memang terdengar sepele namun kita tidak boleh menganggap remeh setiap penyakit, karena takutnya itu akan membawa komplikasi yang lebih berbahaya lagi nantinya.

Referensi : kucingpedia.com

Facebook Comments