PANDUAN

Panduan Mudah Cara Memelihara Anak Kucing Tanpa Induk

Panduan Mudah Cara Memelihara Anak Kucing Tanpa Induk

3 Kunci Utama Cara Memelihara Anak Kucing Tanpa Induk

Enggok.com – Mencoba merawat anak kucing tanpa induk atau yang telah ditinggal induknya merupakan tindakan yang sangat terpuji, namun begitu, merawat kucing yang baru saja lahir merupakan tang-tangan yang bisa dibilang cukup berat. Padahal kucing sendiri merupakan hewan peliharaan yang paling populer dan terkenal namun beda halnya bila kalian mencoba merawat anak kucing yang telah ditinggal oleh induknya, karena itu tidak akan semudah merawat kucing pada umumnya.

Olehkarna itu penulis ingin mencoba membagi pengalaman penulis bagaimana Cara Memelihara Anak Kucing Tanpa Induk, karena dalam merawat dan menciptakan lingkungan yang baik untuk memelihara anak kucing agar bertahan hidup itu tidak segampang yang kita kira, dan biasanya beberapa induk kucing akan menerima, memberi makan dan memandikan anaknya. Lantas Bagaimana cara kita untuk membuat lingkungan anak kucing yang baik, agar dia bisa bertahan dan tumbuh seperti kucing pada umumnya.

Berikut adalah Cara Memelihara Anak Kucing Tanpa Induk.

1. Menciptakan lingkungan yang baik untuk anak kucing.

Panduan Mudah Cara Memelihara Anak Kucing Tanpa Induk

Untuk menciptakan lingkungan yang baik untuk anak kucing maka di Mulailah dari diri sendiri, pertama selalu mencuci tangan Anda sebelum dan sesudah memegang anak kucing, karena biasanya hewan kucing ini terkadang memang membawa penyakit atau kuman dan bakteri yang mudah tertular yang dapat terjangkit pada diri Anda saat anda menyentuhkan kulit anda kepada anak kucing tersebut.

Saat Anda mencoba mengangkat dan memindahkan anak kucing angkatlah dengan secara hati-hati, dan cobalag buatlah lingkungan yang hangat tempat dia tinggal, selalu pastikan apakah tempat tersebut terasa hangat, anda juga bisa memeriksa kan telapak kaki kucing apabila dingin biasanya anak kucing akan menangis jika merasa kedinginan.

Baca Juga  7 Merk Makanan Kucing Yang Bikin Gemuk Dan Berbulu Lebat (Murah)

Jika anda memiliki hewan peliharaan lainnya pastikan bahwa hewan tersebut selalu dipisahkan dari anak kucing tanpa induk itu selama setidaknya 2 minggu, jangan Satukan Mereka dalam satu kotak makanan, ataupun mangkuk air, karena hewan-hewan tersebut biasanya rentan menularkan penyakit pada anak kucing.

Cara menciptakan lingkungan yang baik untuk anak kucing lebih lanjutnya klik Disini.

2. Memberi makan anak kucing

Panduan Mudah Cara Memelihara Anak Kucing Tanpa Induk

Karna anak kucing yang telah ditinggalkan induknya tidak bisa memperoleh susu dari ibunya Maka cobalah untuk membeli susu bubuk pengganti susu kucing seperti Cimicat, dari klinik dokter hewan, toko hewan yang besar, atau jika tidak ketemu Anda juga bisa mencari dari internet.

Namun sebelum itu jika tidak memiliki susu pengganti dan anak-anak kucing sebut lapar, Janganlah mencoba memberi mereka dengan susu sapi, karena kandungan gula atau laktosa dari susu sapi dapat membuat anak kucing menjadi sakit perut. lebih baik berikanlah air matang yang telah disejukkan.

Namun ketika memberi mereka makan gunakan alat tetes atau alat penyemprot untuk membantu mereka, guna pemberian air untuk anak kucing ialah bertujuan untuk membuat anak-anak tetap terhidrasi dan tidak akan menyebabkan sakit perut, sebelum anda sempat pergi ke klinik dokter atau hewan atau tokoh hewan untuk memberikan mereka susu.

Cara memberi makan anak kucing tanpa induk lebih lanjut bisa dilihat Disini.

3. Merawat anak kucing

Panduan Mudah Cara Memelihara Anak Kucing Tanpa Induk

Mulailah dari menyediakan tempat untuk mereka buang air besar dan buang air kecil, karena biasanya anak kucing akan dijilati kelaminnya oleh induknya selepas mereka baru buang air besar dan buang air kecil, maka dari itu sebelum dan setelah anda memberi mereka susu cobalah untuk menggosok area kelamin dan anus anak kucing dengan kapas yang direndam dengan air hangat.

Baca Juga  Cara Tepat Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Ini bertujuan untuk stimulasi anak kucing untuk melakukan kegiatan buang air karena memang anak kucing tidak dapat melakukannya tanpa stimulasi tersebut sampai berusia beberapa minggu.

Untuk lebih jelasnya bagaimana Merawat anak kucing bisa diklik Disini.

Nah itulah pengetahuan dasar bagaimana cara memelihara anak kucing tanpa induk, semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat dan membantu Anda yang baru saja mencoba untuk merawat kucing yang terlantar atau ditinggal induknya.

Note: Meskipun dengan Penanganan dan perawatan yang sangat baik, anak-anak kucing yang berusia sangat muda tetap dapat mati kapan saja apabila tanpa pemeliharaan dan kasih sayang dari induknya.

Referensi:  www.id.wikihow.com

Facebook Comments