PANDUAN

7 Cara Gampang Obati Kucing Flu Secara Alami

7 Cara Gampang Obati Kucing Flu Secara Alami

Enggok.com – Ketika musim hujan tiba, biasany penyakit yang paling sering yang jadi langganan itu flu, bukan cuma manusia namun kucing pun jadi sasaran nya. Kalau kita yang terkena flu obatnya gampang beli di warung atau apotek terdekat, nah beda halnya kalau kucing flu, obatnya kaya gimana?.

Pertama-tama di sini perlu kalian ketahui terlebih dahulu, penyakit Flu pada kucing itu gampang banget penyebarannya, apalagi pada kucing yang belum divaksin dan yang mager alias malas gerak (kurang olahraga).

Meski bisa dibilang penyakit flu ini merupakan penyakit yang wajar, tetapi tetap saja kita tidak boleh menganggap sepele. Kenapa? Karna kalau kita memiliki kitten atau anak kucing yang masih berumur antara 1 bulan, itu bisa mengancam keselamatannya.

Oleh karena itu di artikel kali ini penulis akan memberikan sedikit panduan atau tipas tentang bagai mana cara mengobati kucing flu, ciri-ciri dan penyebab kucing flu. Simak ulasan berikut ini.

Ciri-ciri kucing flu

7 Cara Gampang Obati Kucing Flu Secara Alami

Adapaun beberapa ciri-ciri yang bisa kita amati saat kucing mengalami sakit flu (pilek) seperti :

    • Badan terasa panas (demam)
    • Bersin-bersin
    • Nafsu makan berkurang
    • Mata memerah
    • Batuk
    • Keluar ingus
    • Kurang energik
    • Sariawan
    • Mata kucing bisa berair

Gejala  yang disebutkan di atas biasanya itu terjadi selama kurun waktu 1 minggu, nah setelah itu menginjak minggu (minggu ke 2 atau 3) biasanya kesehatan tubuh kucing akan muali membaik dan diharapkan ia bisa sembuh.

(Baca juga Ciri-ciri Kucing demam)

Penyebab Kucing Flu

Kenapa kucing bisa flu?, Inilah pertanyaan yang sering di tanyakan banyak orang. Perlu kalain ketahuia ternyata ada banyak penyebab kucing bisa terka penyakit ini seperti :

1. Daya tahan tubuh kucing

Faktor yang paling mempengaruhi kucing terkena flu yaitu, daya tahan tubuhnya sendiri. Karna apa bila daya tahan tubuh kucing itu menurun ia akan gampang sekali terkena virus, salah satunya virus yang menyebabkan si kucing sakit flu ini.

2. Virus

Infeksi Virus juga merupakan faktor yang sering menyebabkan si kucing flu, virus ini bisa dari herpes (feline herpesvirus), cacilivirus (FCV). Bahkan menurut riset penelitian menyebutkan bahwa 80% kucing yan terkenal flu itu disebabkan oleh salahs satu dari kedua virus tersebut.

Baca Juga  Cara Mengatasi Kucing Stres Dengan Mudah

Apabila kalian merasa bahwa kucing kalian sudah terinfeksi oleh virus tersebut, segeralah hubungi dokter hewan.

Jika itu tidak dilakukan, kucingmu yang lainnya bisa terancam kesehatannya. Karena virus mudah sekali menular seperti lewat air liur, bersin, makanan dan minuman bahakan dari peralatan pememeliharaan kucing (kandang, kotak makan dan lain sebagainya)

3. Bakteri

Bakteri juga bisa menjadi salah satu penyebab, Ada bakteri yang bernama Chlamydophila Felis dan Bordetella Bronchiseptica dimana kedua bakteri ini dapat membuat kucing kita flu, bahkan juga bakteri ini turut menginfeksi anjing. Seandainya kucing kita terkena virus dan bakteri gimana ya, bisa-bisa kucing sakit berat.

Cara Mengobati Kucing Flu

Cara Mengobati Kucing Flu

Nah sekarang kita ke topik utama dari peembahasan ini, yaitu bagaimana cara mengatasi kucing flu dan menyembuhkannya secara alami. Tapi perlu kalian ketahui obat kucing pilek atau flu sebenarnya tidak ada secara spesifik, namun supaya kucing mu lekas sembuh, kalian bisa lakuakn cara-cara berikut ini :

1. Memberikan madu

Madu memang menjadi oabat alami yang mujarab untuk segala jenis penyakit, khususnya penggunan madu juga dapat menjadi obat untuk kucing flu.  Dengan cara memberikan madu pada si kucing dalam 1×4 jam, bisa dengan mencapur madu tersebut pada makanannya jika iya tidak langsung mau memakan madu tersebut atau bisa juga dengan dicampur pada air minumnya.

2. Memberikan vitamin

Pemberian Vitamin maupun suplemen diharapkan bisa memperbaiki daya tahan tubuh si kucing, ini juga penting karna mengembalikan daya tahan tubuh juga termasuk mengobati kucing.

Fungsi vitamin disini jelas untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya yang sempat terganggu sehingga bisa mengembalikan daya tahan tubuhnya.

Daya tahan tubuh yang membaik dan terjaga, akan membuat si virus atau penyakit yang nyebabin flu pada si kucing akan menjauh dan gak mau deket-deket. (Baca juga Vitamin yang baik untuk si kucing)

3. Jemur si kucing

Berjemur di pagi hari juga merupakan hal yang penting untuk kesehatan si kucing, itu juga bisa menghangatkan badan si kucing, membunuh kuman penyebab dan bibit penyakit. Bagusnya sih kalo mau menjemur si kucing sekitar pukul 07.00 – 09.00 an, dan jangan terlalu lama sekitar 10 menit saja.

Baca Juga  Cara Cepat Mengobati Kucing Mencret Paling Lengkap

4. Menjaga suhu tubuh

Saat kucing sedang sakit flu usahakan ia jangan sampai kedinginan dan selalu jaga suhu tubuh si kucing. Kalau ia kehujanan pun karna abis main di luar, langsung handukin dan blow bulunya supaya kering.

5. Jangan memandikannya

Sebenarnya kalau kucing sedang sakit, tubuh mereka akan rentan terhadap air. Jadi sebisa mungkin jangan dulu dimandikan atau kurangi jadwal mandinya.

Kalaupun kucing kotor, lebihbaik memakai kain basah saja untuk membersihkan dengan cara di usap secara perlahan.

6. Membersihkan ingus

Biasanya baik manusia maupun kucing apabila sedang flu, hidung itu akan mudah sekali mengeluarkan ingus kan?

Oleh karna itu sebaiknya kita sering bersihkan ingus pada kucing, karena didalam ingus itu banyak mengandung berbagai kuman dan bakteri yang malah membuat si kucing makin parah flunya apa bila ingus itu dibiarkan.

7. Biarkan kucing istirahat

Kalau kalian telah melakukan berbagai cara untuk mengobati kucing flu seperti cara yang telah di sebutkan di atas namun si kucing masih aja belum sembuh juga, mungkin kamu belum memberikan kucing kamu waktu untuk beristirahat.

Istirahat juga sangat lah penting dan diperlukan oleh kucing yang sedang sakit, hal ini bisa membuat proses penyembuhnya  maksimal. Oleh karna itu jaga kucing supaya dia bisa beristirahat dan jauhkan mainan atau benda yang bersifatnya bisa merangsang kucing untuk bergerak.

Atau kalo kamu tidak ingin kucing kamu sakit, kamu juga bisa melakukan vaksin terhadap kucing supaya kucingmu kebal terhadap virus tertentu.

Meski  obat kucing sakit secara spesifik itu masih susah sekali untuk ditemukan atau bahkan masih belum ada, kamu masih bisa mencoba  cara-cara mengobati kucing flu seperti yang ada di atas.

Dalam upaya penyembuhan, kuncinya itu kita harus selalu sabar untuk mengobati penyakit kucing tersebut. Selalu konsisten dan selalu menjaga kebersihan lingkungan juga meupakan hal yang penting. agar kitanya juga tidak ikut tertular sakit flu.

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, Terimakasih telah membaca.

Referensi: kucingpedia.com

Facebook Comments