PANDUAN, TIPS & TRIK

Cara Mengobati Kucing Demam Dengan Tepat

cara mengobati kucing demam

Enggok.com – Seperti yang sudah kalian ketahui sebelumnya bahwa kucing juga bisa terkena demam, namun disini apa kalian sudah tahu bagaimana cara mengobati kucing demam?.  Jika kalian belum tahu bagai mana cara mengatasinya, berarti tidakan kalian sudah tepat untuk mampir ke blog ini. Karna disini penulis akan sedikit berbagi bagamana cara mengobati kucing yang sedang demam.

Pertama-tama sebelum masuk ke materi perlu kalian ketahui terlebih dahulu dalam megobati kucing yang sedang terkena demam terkadang kita akan menemui beberapa masalah yang berhubungan dengan kesehatan kucing itu sendiri. Ketahuilah bahwa gejala demam yang di alami oleh si kucing ini biasa disebut dengan sebutan pyrexia dan suhu normal pada tubuh kucing ialah kurang lebih sekitar 37-39 derajat celcius.

Untuk bisa mengetahui suhu kucing tersebut kalian bisa menggunakan thermometer untuk memastikan supaya lebih mudah. Tubuh kucing yang panas itu disebabka oleh antibodi dalam tubuhnya yang sedang melawan penyakit, oleh karna itu tubuhnya menjadi panas.

Memang betul pada dasarnya solusi terbaik untuk mengobati kucing demam yaitu dengan membawanya ke dokter hewan.

Namun jika kalian tidak sempat untuk melakukannya karna terkait beberapa alasan, kalian bisa mencoba cara di bawah ini.

Penyebab Kucing Demam

Disini kalian harus tahu bahwa peningkatan suhu tubuh kucing yang membuat ia demam itu disebabkan oleh 2 hal. Yang pertama yaitu oleh pyrexia dan yang kedua yaitu hipertermia.

Pyrexia adalah suatu kondisi  diamana tubuh kucing secara alami sedang bekerja keras dalam memerangi penyakit didalam tubuhnya, Olehkarna itu semakin keras kerja tubuh sikucing maka semakin panas pula badannya.

Dan jika ini terlalu panas tentunya itu akan merugikan bagi tubuh sikucing dan mengakibatkan beberapa kerusakan organ dalam termasuk salah satunya kerusakan otak kucing.

Nah kalo Hipertermia itu kondisi dimana si kucing terkena karena paparan suhu panas yang terlalu berlebihan. Tentu saja hal ini jika dibiarkan maka akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh kucing. (Sebelumnya baca dulu: Ciri-ciri Kucing Demam)

Nah itu lah penyebab kucing bisa terkenan demam atau panas, Oke skarang kita lansung aja ke cara penanganannya.

Cara Mengobati Kucing yang Sakit Demam

mengobati kucing demam

1. Memberikan air putih yang cukup

Baca Juga  Cara Tepat Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Pemberian air minum yang cukup sangatlah penting, meskipun terdengan sederhana namun ini bisa membantu si kucing dalam mencegah dehidrasi ketika ia sedang mengalami demam.

Asal kalian tahu menyediakan air minum yang cukup banyak pada si kucing, ini juga merupakan salah satu tips untuk mengatasi kucing yang terkena demam loh.

2. Mendinginkan tubuh kucing

Tentunya kalo suhu tubuh terlalu tinggi, itu harus diturunkan bukan?, oleh karna itu mendinginkan tubuh kucing juga bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk mengobati kucing demam selain menggunakan obat.

Caranya bagaimana?

Caranya kalian bisa  membawa si kucing ke tempat dengan udara yang cukup sejuk atau dengan cara meletakan kipas angin ke arah tubuh si kucing.

3. Memberi Suplemen Energi dan Vitamin B

Ada baiknya kalian juga bisa memberikan suplement energi terlebihd dahulu dan vitamin B sebelum memberikan si kucing obat-obatan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan nafsu makan si kucing yang sedang sakit. Karna pada umumnya kucing sakit itu tidak mau makan.

Jika hal ini dibiarkan si kucing akan jarang makan dan kondisi tubuhnya akan semakin memburuk. Selain bisa  menambah nafsu makan, suplemen energi dan vitamin B juga bisa mengisi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang mana tidak didapatkan pada makanan kucing biasanya.

4. Tingkatkan Nasu makan si Kucing

Seperti yang di jelaskan di point 3, kucing sakit biasanya mereka akan jarang makan, dan hal itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan mereka. Maka di sini, kalian harus bisa meningkatkan nafsu makan si kucing.

Tentu saja hal ini agar kucing bisa cepat sembuh, di karenakan asupan makanan yang baik itu mempermudah penyembuhan tubuh yang sedang sakit dan sumber energi utama pada kucing. (Kalian bisa baca Cara mengatasi kucing tidak mau makan)

5. Memilih obat demam yang aman

Selain dengan menggunakan cara-cara diatas, kalian juga bisa langsung memberikan obat kucing demam dan flu yang baik, salah satu contohnya yaitu obat tolfenamic acid. Kenapa? Karna obat ini selain bisa menangani berbagai permasalahan demam ia juga bisa menangani penyakit berat lainnya seperti tumor,infkesi,trauma dan jenis penyakit kucing lainnya.

Kalian bisa memberikan obat ini pada kucing yang terkena demam dengan dosis 1 tablet untuk 3 sampai 5 hari dan khusus untuk si kucing yang memiliki berat berat badan hanya 1,5 kg kalian memberinya 1 tablet per hari. Namun apabila kucing kalian memiliki berat badan mencapai 4 sampai 5Kg, kalian bisa memberinya 3 tablet dalam sehari.

Baca Juga  15 Penyebab Kucing Muntah Dan Cara Mengobatinya (Ampuh)

Namun harus kalian ingat bahwa permberian obat diberikan hanya secukupnya saja ya, jangan terlalu berlebihan.

6. Gunakan Obat Meloxicam

Ada juga obat yang sama bagusnya dari Tolfenamic acid, yaitu obat (meloxicam). Ini juga merupakan salah satu obat yang cukup efektif untuk meredakan demam si kucing, dengan cara memberinya kira-kira 1,5 mg/ml setelah makan. Namun harus kamu ingat, kamu harus selalu memperhatikan dosisnya ya! agar tidak overdosis.

Kamu bisa meberikan meloxicam pada kucing kurang lebih sekitaar 0,5mg/ml supaya tidak over dosis. Dan satu hal lagi yang harus digaris bawahi, jika kucing kamu kekurangan cairan, kamu tidak boleh memberikan obat ini. karna jika dilakukan itu bisa berakibat sangat fatal dan berdampak gagal ginjal pada si kucing yang disebabkan karena kekurangan cairan sehingga fungsi ginjal menjadi lebih lemah serta pasokan darah pada ginjal jadi ber kurang.

7. Istirahatkan si kucing

Hal ini juga murupakan salah satu hal yang pentin dalam rangka mengobati kucing demam selain beberapan cara diatas. Kalian juga harus sering-sering mengistirahatkan si kucing, jangan biarkan ia terlalu sering bergerak, cobalah pijit-pijit lembut si kucing agar merasa relax, hai itu juga bisa membantu peredaran darah kucing dan meempercepat proses penyembuhan.

8. Bawa ke dokter hewan

Nah cara ini bisa kalian lakukan kalo cara-cara di atas masih tidak berhasil atau kalian tidak mau ambil resiko dan lompat langsung ke cara trakhir ini. Karna tentunya dokter merupakan penanganan yang paling tepat dalam mengatasi kucing sakit.

Nah mungkin itu saja bebrapa tips bagaimana Cara mengobati kucing demam. Semoga artikel kali ini bisa sedikit membantu mengatasi persoalan yang sedang menimpa kucin kalian, jangan lupa like dan share artikel ini ke teman-teman pecinta kucing lainnya, agar mereka mengetahui info penting ini, sekian dan terimakasih.

Referensi : kucingpedia.com

Facebook Comments