PANDUAN, TIPS & TRIK

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Dan Penyebabnya

Enggok.com – Bulu pada kucing bukan hanya sekedar untuk memper cantik penampilan saja, melainkan iya juga berfungsi sebagai penghangat ketika suhu dingin menghadang. Namun, apa bila bulu kucing rontok ini bisa menjadi suatu masalah yang bisa mengganggu bukan hanya kesehatannya, namun penampilannya juga akan tidak enak untuk di pandang. Ditambah lagi bulu yang berceceran di lantai bisa menjadi penyakit untuk kita.

 

Banyak dampak yang terjadi disebabkan oleh bulu kucing yang rontok terutama bagi kesehatan manusia kalian bisa membacanya Disini jika penasaran

Supaya kita tahu cara mengatasi bulu kucing yang rontok, pertama-tama kita harus tahu terlebih dahulu penyebab dari bulu kucing itu bisa rontok. Setelah itu barulah kita bahas mengenai cara mengatasinya.

 

Penyebab Bulu Kucing Rontok

Penyebab Bulu Kucing Rontok

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan kerontokan bulu pada kucing contoh-contohnya seperti berikut ini.

 

1. Kekurangan Gizi

Menurut beberapa sumber kekurangan gizi juga bisa menjadi faktor penyebab bulu kucing rontok salah satu contohnya seperti kekurangan vitamin A, E, Protein dimana nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh kucing dalam pembentukan bulu mereka.

2. Stres

Mungkin hal yang paling sering membuat bulu kucing rontok ialah stres. Karena jika kucing stres, pembuluh darah yang berfungsi mengirimkan nustrisi ke seluruh tubuh bisa terhambat sehingga mengakibatkan kucing tidak bergairah dan bulunya akan rontok.

3. Kutu

Salah satu parasit ini memang seringkali bermukim di bulu dan permukaan kulit. Mereka inilah yang sering mengambil nutrisi tubuh yang ada di tubuh kucing lewat kulit. Karna nutrisi diambil otomatis bulunya akan rontok.

Padahal nutrisi itusendiri digunakan oleh kucing untuk menjaga kesehatan bulunya tapi hal tersebut malah diserap oleh kutu kucing  ini.

4. Alergi

Alergi juga bisa menjadi salah satu penyebab bulu kucing mengalami kerontokan, meskipun begitu, hal ini bukanlah penyebab utamanya. Namun ini juga bisa menjadi pemicu yang serius misalnya dari obat, vaksin yang salah, parasit bahkan dari makanan kucing. Jika sudah seperti ini segeralah bawa kucing kalian ke dokter.

5. Jamur

Jamur juga bisa menjadi salah satu penyebab kerontokan pada bulunya. Karena bulu yang panjang dan lebat  akan membuat kondisi lembab dimana itu akan sangat disukai oleh jamur. Akibatnya kucing yang berjamur akan mengalami kerontokan pada bulunya.

6. Tungau

Hewan kecil satu ini ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab bulu kucing rontok. Ialah tunggu berjenis demodex dan scabies lah yang membuat semua ini terjadi. Hampir sama seperti Kutu, hewan kecil ini juga bisa membuat terowongan-terowongan kecil pada kulit kucing yang nantinya akan terlihat seperti lubang. Biasanya jika sudah seperti ini kulitnya bisa infeksi dan bulunya bisa rontok.

Baca Juga  Cara Mengobati dan Penyebab Kucing Muntah Kuning

7. Musim

Ternyata kucing memiliki sebuah sistem dimana saat musim dingin bulu mereka akan tumbuh lebat, guna menghangatkan tubuhnya. Kemudian disaat musim mulai panas bulunya ini akan rontok dengan sendirinya supaya mereka enggak kepanasan.

8. Vitamin yang berlebih

Terkait: Vitamin yang baik untuk kucing

Berlebihan memang merupakan hal yang tidak baik. Memang vitamin itu penting untuk kesehatan si kucing. Tapi kalau kelebihan atau sampai overdosis, itu juga bisa membahayakan bagi dirinya. Bukan hanya masalah kerontokan bulu, kulit kering, mengelupas dan berkerak. Namun nyawanya juga bisa terancam bukan?.

9. Salah memilih produk mandi

Untuk hal ini sebenarnya Kitanya yang harus teliti dalam menentukan pilihan yang baik. Produk mandi kucing juga bisa menjadi salah satu penyebabnya loh, terutama shamponya. Jika kita memandikan kucing dengan shampo yang tidak cocok nantinya bukannya bulunya jadi bagus, ini malah rontok.

 

Sedikit mengingatkan juga jangan pilih produk shampo kucing yang memiliki busa banyak, karna itu bisa saja memiliki kandungan kadar detergen yang tinggi. Jika seperti itu kucing bisa saja mengalami iritasi dan bulunya tambah rontok.

10. Pengobatan

Sebenarnya hal ini merupakan hal yang biasa, setelah kucing mendapatkan pengobatan tertentu bulu mereka akan mengalami kerontokan.

11. Memang waktunya

Sama halnya dengan poin ‘musim’ di atas. yaitu ada waktu tertentu dimana kucing ini akan mengalami kerontokan pada bulunya, ini merupakan fenomena yang normal. Biasanya setahun sekali kucing akan mengalami kerontokan bulu yang sangat banyak namun semua ini akan cepat berganti dengan bulu baru.

Pada kasus Kucing betina yang sedang birahi maupun hamil, mereka juga akan rentan mengalami kerontokan loh.

 

Cara Mengatasi

Cara Mengatasi bulu kucing rontok

Kalian tadi sudah tahu penyebab bulu kucing bisa rontok seperti yang sudah dipaparkan di atas. Oke, sekarang kita langsung saja ke Cara mengatasi bulu rontok pada kucing.

 

1. Biarkan dan rawat seperti biasa

“Kok malah dibiarkan?” dalam kasus-kasus seperti sudah musimnya, sewaktu kucing hamil atau birahi, sehabis pengobatan. Ini sebaiknya kita rawat seperti biasa saja. Jangan diambil pusing.

2. Ajak Bermainan dan buat dia nyaman

Baca Juga  5 Cara Mudah Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Untuk kucing yang stress, kita bisa mengajak dia bermain atau berikan mainan khusus kucing. Ini juga bisa membantu dalam meredakan stres yang dialami, otomatis bulunya tidak akan rontok lagi. Hehe.

3. Ganti produk yang cocok

Baik itu produk makanan atau produk mandinya maupun yang berhubungan langsung dengan badannya.

Segeralah ganti produk tersebut jika ditemukan ketidakcocokan pada badannya, tapi hal ini tentunya sudah berkonsultasi dulu kepada yang ahli ya, saya juga dokter.

4. Memandikan si kucing

Memandikan kucing juga sebenarnya merupakan perawatan untuk kucing. Bukan hanya bisa membuat dia bersih dan wangi, hal ini juga ternyata bisa mengatasi dan membersihkan parasit yang bersarang di tubuh kucing. Tentunya ini akan membuat parasit yang membuat bulu kucing ini rontok seperti tungau, jamur, bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan bulu kucing itu ter basmi.

5. Beri vitamin

Kalian harus selalu ingat, pemberiannya dalam batas wajar ya. Hanya guna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatannya saja. Jangan sampai malah overdosis, oke.

6. Menyisir Bulu Kucing

Jika kalian ingin tahu ternyata menyisir bulu kucing itu banyak manfaatnya lho seperti :

  • Melancarkan metabolisme tubuhnya, yang nantinya ini bisa berdampak bagus untuk kulit, jadi kayak pijat gitu.
  • Ini juga Bisa menyingkirkan kutu, telur kutu dan tungau jika pake sisir khusus
  • Bisa membuat hubungan emosional kamu dan kucing mu bisa makin dekat

Tentunya dari semua itu ini juga bisa mengatasi bulu kucing yang rontok dan mencegah rontok itu kembali.

7. Obat bulu kucing rontok

Inilah yang paling manjur, ampuh, serta gampang. Kamu bisa memberinya obat bulu kucing rontok, yang bisa kamu beli di Pet Shop terdekat. Namun ingat, Gunakan secukupnya saja ya, ok.

 

Mengatasi bulu kucing yang rontok memang merupakan sesuatu yang harus kita pahami dulu terlebih dahulu. Karena dengan begitu kamu bakal tahu apa yang seharusnya kamu lakukan. Namun jika kau masih merasa ragu untuk mengatasi kerontokan nya, kamu juga sebenernya bisa membawanya ke dokter hewan untuk berkonsultasi dan bertanya-tanya hal apa yang harus dilakukan.

Nah mungkin hanya itu yang bisa penulis bagikan di artikel kali ini. Jangan lupa like dan share artikel ini ke teman-teman pecinta kucing di luar sana agar mereka mengetahui info penting ini, sekian dan terimakasih.

 

Referensi : kucingpedia.com

Facebook Comments