PANDUAN

Inilah Penyebab Kucing Muntah Cacing

Inilah Penyebab Kucing Muntah Cacing

Enggok.com – Kucing muntah cacing merupakan masalah yang serius yang di sebabkan dari infeksi cacing, ada 4 jenis cacing yang yang sering menginfeksi kucing yaitu cacing gelang, cacing tambang, cacing pita, dan cacing hati.

Cacing-cacing ini juga tidak hanya berbahaya bagi kucing namun juga dapat menginfeksi manusia, bukan hanya kucing keempat jenis cacing ini juga bisa menginfeksi hewan lain yang ada di sekitarnya.

Apabila kucing muntah cacing itu menandakan bahwa investasi cacing dalam tubuhnya itu sudah sangat cukup parah dan harus segera ditangani. Cacing yang menginfeksi dan menyebabkan kucing muntah, ialah cacing gelang (roundworm).

Fisik dari cacing gelang sendiri memiliki warna putih dengan panjang berkisar 2-12 cm panjangnya. Infeksi cacing ini terhadap kucing bisa terjadi dengan beberapa kondisi, berikut adalah kondisi yang menyebabkan kucing dapat terinfeksi cacing gelang.

Kucing Bisa Terinfeksi Cacing Gelang

Inilah Penyebab Kucing Muntah Cacing

1. Belum Pernah Diberikan Obat Cacing

Obat cacing sendiri memang diwajibkan oleh para dokter diberikan pada usia kucing menginjak 5 Minggu dan diberikan kembali setiap 4 Minggu hingga usia 1 tahun. Namun setelah usia itu kucing diberi obat cacing setiap 2 sampai 3 bulan sekali, untuk mencegah infeksi terhadap cacing.

2 Induk Hamil dan Menyusui yang Belum Pernah Diberikan Obat Cacing

Jika kucing belum pernah diberi obat cacing, kalian coba berikan sebelum ia kawin, pemberian obat cacing ini bertujuan menghindari adanya infeksi cacing pada si induk.

kucing yang terinfeksi dapat menularkan larva cacing pada anaknya melalui pembuluh darah saat ia masih dalam janin dan bukan hanya itu, Larva cacing gelang ini juga dapat terbawa oleh air susu sehingga dapat menginfeksi kitten yang masih menyusui pada induknya.

Baca Juga  Cara Mengobati dan Penyebab Kucing Muntah Kuning

3. Perilaku Kucing

Biasanya kucing yang terinfeksi cacing merupakan kucing yang sering aktif dari lingkungan yang terkontamiansi telur cacing. telur cacing itu masuk dari kebiasaan kucing yang sering menjilati telapak kakinya.

Telur cacing yang berhasil masuk ke dalam tubuh kucing kemudian ia berkembang menjadi larva setelah itu masuk ke dalam usus halus dan berkembang menjadi cacing dewasa.

Kucing yang tidak dilakukan pengobatan anticacing, maka cacing yang ada di dalam perut itu akan tumbuh dewasa dan berkembang biak. hal inilah yang menyebabkan populasi cacing semakin bertambah pesat.

Bahayanya lagi semakin banyak cacing yang berada di saluran pencernaan, tak jarang dari cacing-cacing ini bermigrasi dan berpindah ke organ lain, ada juga ya sampai terbawa ke saluran pencernaan bagian atas. Itulah yang menyebabkan Kucing Muntah cacing.

Selain pada muntah, cacing dewasa ini juga kerap muncul pada feses ataupun kotoran kucing.

Gejala kucing terinfeksi cacing gelang:

  • Pada muntah dan fesesnya ditemukan cacing dewasa
  • Kucing mencret dan diare yang berkepanjangan, Bahkan ada yang disertai dengan darah
  • Berat badan kucing tidak bertambah lagi
  • Perut kucing mengalami kebuncitan namun badannya kurus dan mengalami malnutrisi karena penyerapan nutrisi dalam tubuhnya tidak sempurna
  • Kucing jadi lesu dan tidak aktif
  • Bulu dan kulitnya terlihat kusam

Jika Kalian sudah menemukan tanda tanda seperti ini pada kucing kalian, segeralah bawa ke Dokter hewan. Pemberian obat cacing khusus manusia seperti Combantrin pada kucing merupakan penanganan yang kurang tepat, kadang masih ditemukan ada sisa cacing didalam tubuh kucing.

Hal ini bisa terjadi karna dosis kucing dan manusia tidaklah sama dan kandungan yang dipakai serta kombinasi yang kurang tepat untuk membasmi cacing pada kucing. Jadi sebaiknya berikanlah obat cacing dengan rekomendasi dokter hewan dan khusus kucing.

Baca Juga  Cara Mudah Memilih Makanan Penumbuh Bulu Kucing Yang Tepat

Mungkin segitu saja dari penulis kali ini, Mengenai Kucing Muntah cacing, semoga artikal sedikit ini bisa menambah wawasan kalian.

Terimakasih telah membaca.

Referensi: Tanyadokterhewan.com

 

Facebook Comments