PANDUAN, TIPS & TRIK

Cara Ampuh Obati Kucing Keracunan

Cara obati kucing keracunan

Engok.com – Hewan memang tidak memiliki pikiran yang sama seperti kita manusia, sama halnya dengan kucing, mereka juga bisa di bilang merupakan mahluk yang bisa memakan apa saja. Oleh karena itu resiko keracunannya sangatlah besar, disampng kita juga yang tidak bisa terus mengwasi apa saja yang telah ia makan. Maka dari itu, takheran jika kucing keracunan merupakan masalah yang terus menghantui kita sebagai para pecinta kucing.

Ada kalanya kita sering merasa senang apabila kucing kita makannya banyak. Padahal tidak semua makanan yang masuk ke dalam tubuh kucing baik untuk kesehatannya. Oleh karna itu janganlah asal dalam memberikan makan pada kucing, siapa tahu makanan yang kita berikan malah menyebabkan si kucing sakit.

Perlu di garis bawahi juga, keracunan pada kucing itu sendiri tidak hanya terjadi karena faktor makanan saja, namun bisa juga karna kebiasaan kucing itu sendiri, seperti sering menjilati bulu atau memakan rumput. Karna kita sendiri pun tidak tahu, dia telah pergi kemana saja dan apa saja yang telah ia sentuh

Lalu bagaimana cara mengobati nya?

Nah, sebelum kita masuk ke embahasan utama, alangkah baiknya kamu tahu dulu apa saja penyebab yang membuat kucing  bisa keracunan, dan seperti apa ciri-ciri kucing keracunan itu?

Ciri-ciri kucing yang keracunan

Ciri-ciri kucing keracunan

1. Diare

Seperti halnya manusia, diare juga bisa menjadi tanda kucing kita sedang keracunan. Itu disebabkan makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh tidak bisa dicerna dengan baik oleh kucing makannya kucing tersebut mengalami diare.

Namun diare ini juga bisa menjadi sangat ambigu, karna apakah kucing tersebut memang keracunan atau hanya diare biasa. Jadi kamu tidak bisa menjadikan diare sebagai patokan dalam menebak apakah kucing kamu benar-benar keracunan atau tidak.

2. Muntah

Tentunya kucing muntah merupakan idikasi keracunan yang paling mudah terlihat, namun tidak setiap muntah juga berarti itu keracunan juga ya. Kenapa bisa bisa muntah ? Sama halnya seperti diare, karena lambung kucing tersebu tidak bisa menerima dan mencerna dengan baik makanan atau benda yang masuk pada badannya. Akhirnya tubuhnya akan mengeluarkannya kembai. (baca juga Penyebab kucing muntah)

3. Susah Bernafas

Selain dari makanan, faktor utama kucing bisa keracunan juga bisa bersumber dari sentuhan di kulit atau udara beracun yang masuk ke tubuhnya. Susah bernafas sendiri biasanya itu disebabkan karna menghirup udara yang beracun.

Baca Juga  5 Cara Mudah Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Keracunan udara ini bisa terjadi oleh asap, obat nyamuk, baik obat nyamuk biasa maupun obat nyamuk semprot, yang tidak sengaja terhirup oleh si kucing.

4. Sering Buang Air Kecil

Terdengar sepele, namun kucing yang buang air kecil terus menerus itu bisa saja menandakan bahwa ada yang salah pada tubuhnya. Mungkin saja itu menjadi tanda-tanda kucing kamu keracunan. Buang air kecil yang keseringan juga bisa menjadi salah satu bentuk pertahanan diri tubuh si kucing dari penyakit.

6. Air Liur Lebih Banyak

Yang paling mudah terlihat dari kucing yang sedang keracunan itu dari air liurnya. Air liur yang dikeluarkan lebih banyak itu bisa menandakan bahwa ia sedang keracunan. Tubuhnya yang lemah membuat ia tidak bisa mengontrol banyaknya air liur yang keluar.

Ciri-ciri ini terjadi biasanya karena kucing keracunan makanan. Cobalah ingat-ingat makanan apa saja yang diberikan dan dikonsumsi oleh kucing sebelumnya.

7. Kondisi kucing terlihat lemah

Akibat keracunan, itu bisa menimbulkan suatu kondisi dimana tubuh tidak bisa menerima makanan atau minuman yang masuk, pada kondisi ini membuat kucing menjadi kekurangan energi. Makanya, kucing yang sedang keracunan itu biasanya mereka akan terlihat lemah dan lemas dikarenakan tidak adanya energi yang masuk ke dalam tubuh. Hal itu lah yang menyebabkan kucing menjadi lemah.

8. Gusi dan Lidah Kebiruan

Untuk lebih memastikan Kalian juga bisa mengecek langsung gusi dan lidahnya. Kucing yang keracunan biasanya gusi dan lidahnya berwarna kebiruan.

Kenapa lidah dan gusi kucing bisa menjadi biru?

hal ini dikarenakan organ dalam tubuh si kucing tidak bisa bekerja secara maksimal, Alhasil oksigen yang tidak mengalir dengan baik menyebabkan tubuh kucing jadi kebiruan.

Itulah beberapa ciri-ciri kucing yang sedang keracunan, perlu diwaspadai jika kalian menemukan beberapa kondisi seperti yang di atas.

Setelah kalian tahu ciri-cirinya sekarang kita bahas bagaimana cara mengobatinya.

Cara Mengobati Kucing Yang Keracunan

1. Identifikasi racun

Sebenarnya akan susah jika kalian mencoba mengidentifikasi zat apa yang masuk kedalam tubuh kucing. Namun kamu bisa mencari tahu dari mana racun yang masuk ke dalam tubuh kucing dengan cara mengingat-ingat lagi, benda atau makanan apa saja yang terakhir kali berinteraksi dengan si kucing.

Baca Juga  Cara Alami Mengatasi Kucing Sakit Mata Tanpa Harus Ke Dokte

Jika kalian tahu makanan atau bendanya, itu akan memudahkan kalian dalam mencari tahu penanganan seperti apa yang seharusnya dilakukan.

2. Tempatkan kucing di area dengan udara yang bagus

Ini juga bisa menjadi salah satu pertolongan pertama yang dilakukan saat mengetahui bahwa kucing kamu sedang keracunan, Namun setelah ditempatkan jangan ditinggalkan dulu. Awasi kucing tersebut selama beberapa saat. Karna siapa tahu kucing kamu memberikan tanda-tanda keracunan lainnya.

3. Berikan susu, air kelapa, dan kuning telur

Pemberian susu bisa diberikan setelah kalian yakin bahwa kucing kalian sedang keracunan, kamu bisa berikan susu sebanyak mungkin, namun jangan kelewatan juga. Apabila kucing kamu tidak mau meminumnya kalian bisa menggunakan pipet untuk menyikapinya.

Selain susu kalian juga bisa gunakan air kelapa sebagai penetralisir racun. Sedangkan manfaat kuning telur disini untuk mencerna racun dan menetralkannya, dan ingat pemberian kuning telur disini harus yang mentah ya.

4. Membuat kucing muntah

Memang setiap racun yang masuk itu baiknya dimuntahkan, namun ada juga beberapa racun yang tidak boleh. contohnya itu seperti racun asam dan basa karena jika dimuntahkan malah bisa memperburuk kondisi dari kucingnya sendiri.

Namun, jika racun itu jenis lain yang memang harus dimuntahkan, disini kamu bisa menggunakan hidrogen peroksida 3% , dalam dosis 2-4 ml per kilo berat dari kucing itu sneidir.

5. Bersihkan sumber racun atau sisa racun

Pastinya hal ini memang harus dilakukan, setelah kamu tahu penyebab dari kucing keracunan lebih baik sumbernya dijauhkan atau dibuang. Hal tersebut bukan kenapa-napa yaitu bertujuan untuk menghindari kucing keracunan benda atau makanan yang sama.

Nah, mungkin itu saja tadi beberapa tips bagaimana cara mengobati kucing yang keracunan. Intinya kita harus selalu memperhatikan dan menjauhkan hal yang bisa membahayakan keselamatan si kucing, hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir. Namun jika kondisinya telah sangat parah kalian bisa membawa kucing langsung ke dokter hewan terdekat.

Jangan lupa like dan share artikel ini ke teman-teman pecinta kucing lainnya, agar mereka mengetahui info penting ini, sekian dan terimakasih.

Referensi: maniakucing.com

Facebook Comments