PANDUAN

Inilah Ciri-Ciri Kucing Stres Yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah Ciri-Ciri Kucing Stres Yang Perlu Kamu Ketahui Sebagai Pemiliknya!

Enggok.com – Stres bisa datang ke siapa saja baik itu manusia ataupun hewan termasuk kucing, rasa stres ini bisa muncul dengan berbagai macam cara, baik itu pengaruh dari luar maupun dari dalam, namun kebanyakan ciri-ciri kucing stres itu seperti mengalami cemas disertai rasa takut.

 

Saat si kucing mengalami stres, tentunya ia akan mengalami beberapa gejala atau tingkah laku yang berbeda dari biasanyasi. Ini mungkin saja bisa membingungkan kalian para pemilik kucing, namun perlu diketahui, hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi kesehatan kucingjika dibiarkan dapat memunculkan berbagai penyakit pada kucing loh, disebabkan karna menurunnya kekebalan imun dan kesehatannya.

Pertanyaannya kenpa kucing bisa sampai stres? simak penjelasannya berikut ini.

 

Apa saja Ciri-ciri Kucing Stres?

Apa saja Ciri-ciri Kucing Stres?

Adapun beberapa ciri kucing yang stres yang akan penulisa bagikan di bawah ini, tentunya ini akan sangat membatu para pecinta kucing dan bisa menjawab pertanyaan yang ditanyakan dalam masalah ini.

Diharapkan nantinya kalian bisa mengambil langkah yang tepat saat mengatasi kucing stres dan segera mengambil tindakan. Berikut Penjelasannya:

 

1. Suka menyendiri

Biasanya mereka akan suka menyendiri dan berdiam diri di kandang saja, bahkan dari mereka ada yang jadi suka bersembunyi di ruang-ruang tertutup. Hal seperti itu juga merupakan ciri bahwa kucing kita sedang stres, kucing jadi sering suka menyendiri dan mengacuhkan semua yang ada di sekitarnya, baik kedatangan orang asing maupun pemilik sendiri.

 

Selain jadi suka menyendiri, terkadang si kucing bisa diam secara mendadak, hal ini mungkin saja mempengaruhi mental si kucing. Jika si kucing terkena serangan mental yang berat, bisa saja si kucing terjangkit penyakit dan malah  mengalami stres berat.

 

2. Mengeong secara berlebihan

Untuk kasus ini untungnya ada beberapa jenis kucing yang dapat dibedakan dari jenis suaranya (vokal). Yaitu kucing yang bersuara seperti kucing Bengal, kucing siam, kucing sphynx, dan kucing yang cenderung diam atau kucing yang kurang bersuara seperti kucing Persia dan kucing Scottish fold.

Kalin yang memiliki banyak kucing, atau pernah memelihara kucing jenis yang berbeda tentunya akan sadar dari ciri-ciri suarnya ini. Bagaimana tingkah laku kucing kalian baik dalam seberapa sering kucingmu mengeong dan bersuara manja.

 

Akan tetapi, jika kalian merasa si kucing makin terdengar lebih sering mengeong dan lebih berisik dari biasanya, kalian harus segera menanggapi hal tersebut, bisa dengan cara memanjakan kucing dengan cara mengelus-elus atau bisa dengan cara mengajak ia bermain.

Keadan seperti diatas harus diwaspadai juga, kalo bisa kalian segera membawanya ke dokter hewan untuk mengecek kesehatannya dan mengecek penyebabnya kenapa. Karna takutnya kucing kalian mengalami stres jadi ia banyak mengeluarkan suara.

 

3. Nafsu makan kucing menurun atau tidak mau makan

Terkadang kucing stres juga bisa menyebabkan nafsu makannya menurun, atau malah sebaliknya si kucing jadi makannya rakus dan banyak. Hal ini tentu saja sangat tidak baik untuk kesehatannya, apalagi sampai kucing tidak mau makan sama sekali. Ini bisa saja terjadi karna ada gangguan dalam pencernaannya yang membuatnya stres.

Baca Juga  Inilah Penyebab Kucing Muntah Cacing

 

4. Waktu tidur kucing yang meningkat

Pastinya kalian sebagai pemilik bakal tahu seberapa lama biasanya kucing kalian tidur, namun anehnya belakangan ini si kucing tidurnya jadi lebih lama dari biasanya. Ini bisa saja si kucing sedang mengalami penyakit tertentu yang membuat dia jadi banyak tidur dan hal ini juga meruakan ciric-ciri kucing stres.

 

5. Kucing jadi lebih Agresif dan defensif

Ciri-ciri yang lumayan terlihat dari kucing stres ialah perubahan sikap yang membuat si kucing lebih agresif pada orang-orang, tidak hanya dengan orang lain, bahkan dengan kita sekalipun.  Hal ini di karnakna dirinya sedang merasa kurang nyaman dengan apa yang ada di sekitarnya.

 

6. Mengalami muntah dan mencret

Biasanya kucing yang mengalami masalah pencernaan juga ia kerap sekali mengalami stres. Hal ini biasanya dipicu oleh makanan yang dikonsumsi si kucing. Oleh karna itu kalian sebagai pemilik harus bisa memberikan makanan yang baik untuk kucing.

 

Akan tetapi segala upaya telah kamu lakukan dalam memberika makanan yang baik untuk kucing, namun masih saja si kucing tetap muntah, dan mencet, mungkin hal itu di sebabkan oleh faktor lain. Kalian bisa membaca Penyebab dan solusi kucing muntah.

 

7. Birahi tapi tidak punya pasangan

Bukan cuman manusia, kucing jomblo juga bisa membuat stres, biasanya kucing yang sedang birahi namun ia tidak memiliki pasangan untuk menikah mereka akan menjadi depresi. Prilakunya jadi berubah, ia jadi lebih sering bermain ke luar, cari pasangan bahkan ada yang sampai  gak pulang-pulang.

 

Untuk hal ini kalian bisa comblangin dia ke kucing tetangga atau kucing temen kalian, karna kucing juga ingin kebutuhan biologisnya terpenuhi.

 

8. Tingkat Grooming kucing berlebihan

Groming ini memang sangat bermanfaat tetntunya untuk urusan dalam mempercantik bulu kucing. Namun meski begitu bila grooming ini dilakukan secara berlebihan dan tidak teratur akan bersipat buruk bagi si kucing. Karna bulu yang lebat dan panjang juga tidak terurus, itu akan dengan mudah mendatangkan kutu pada si kucing yang akhirnya membuat ia stres. Jika kucing sering menjilati bulu-bulunya secara berlebihan dan bahkan ada yang sampai bulunya rontok, Ini kemungkinan si kucing sedang stres atau bulunya banyak di penuhi kutu. (Baca lebih lengkap Cara menghilangkan kutu kucing)

 

Bahkan ada suatu kasus dimana si kucing jadi sering menggaruk badannya, sampai lecet, kemungkinan  jika ia seperti ini a sedang terkena penyakit kulit atau stres berat. Jika kalian menemukan hal seperti ini pada kucing saran saya sebaiknya segera mencarikan dia obat dan berkonsultasi kepada dokter hewan.

Baca Juga  10 Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

 

9. Jadi hoby menggaruk bahkan mencakar!

Mencakar sebenarnya hal yang wajar di lakukan kucing, memang pada umumnya kucing sering sekali mencakar ke benda-benda yang lebih keras guna mempertajam cakarnya, namun apabila ia terlihat mencakar yang berlebihan, hal itu juga patut di waspadai ada yang salah pada si kuicng itu juga bisa menjadi ciri-ciri bahwa kucing sedang stres.

 

10. Buang kotoran sembarangan

Tadinya kucing kia bersih dan selalu membuang kotorannya pada tempatnya, namun tiba-tbia ia berubah dan menjadi menjengkelkan diamana si kucing malah menjadi jorok dan sering buang kotorannya sesukahatinya dimanapun ia mau. Hal tersebut juga perlu di waspadai, mungkin saja si kucing sedang dilanda berbagai macam masalah kesehatan. Apalgi jika masalah ini berlanjut dalam kurun waktu yang cukup lama, kemungkinan ia bakal stres berat.

 

11. Bosan

Ciri-ciri kucing stres juga bisa kita perhaikan dari tingkah lakunya, dimana si kuicng ini terlihat tidak semangat dan selalu merasa bosan meski kita ajak bermain,  si kucing jadi sering lemas bahkan tidak mau makan. Jika seperti ini usahakn kamu sebagai pemilik ajak dia bermain, selain itu jangan lupa memberi makan yang ia suka tapi jangan makanan yang itu-itu saja.

 

12. Kucing mengalami mencret

Kucing mencret juga bisa menajdi salah satu tanda bahwa kucing kalian sedang stres loh, ada beberapa kasus ditemukan bahwa salah satu tanda-tanda kucing stres ialah kucing jadi mengalami mencret. Mencret disini bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya seperti dari makanan, minuman, maupun iklim yang sering berubah tentunya ini membuatnya semakin stres.(Baca lebih banyak Cara mengatasi kucing mencret)

 

13. Tingkahnya jadi labil

Maksudnya labil di sini, padahal dia tadi main bersama kita manja-manja dengan kita, namun kadang tiba-tiba bisa jadi galak bahkan sampai mencakar dan mengigit namun setelah itu baik lagi. Hal seperti itu juga bisa menjadi tanda kucing sedang menagalami stres

 

14. Pergaulan terhadap sesama berubah

Biasany kucing terhadap sesamanya akan bersikap cooperatif, namun jika ia sedang stres dia akan jadi lebih sensitif dan cepat marah. Nah kalau pas dia nongkrong jalan sama temen, kelakuannya cari ribuuut mulu.

 

Begitulah ciri-ciri kucing stres yang bisa kita amatai secara langsung. jika kalian melihat tanda-tanda seperti halnya di atas ini kemungkinan kucing kesayangan kalian sedang mengalami stres.

Mungkin segitu saja dari penulis, semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi para pencinta kucing dimana pun kamu berada. Jangan lupa like dan share artikel ini ke teman-teman pecinta kucing lainnya, agar mereka mengetahui info penting ini, sekian dan terimakasih.

Referensi: arenahewan.com

Facebook Comments