PANDUAN

13 Ciri-Ciri Kucing Demam Panas Yang Perlu Kamu Ketahui

Ciri-Ciri kucing demam

Enggok.com – Apakah kucing bisa demam?, Jawabannya ‘BISA’.  Kucing demam sebenarnya merupakan suatu masalah umum yang sering dialami oleh setiap kucig. Banyak orang yang tidak tahu bahwa kucing juga sebenarnya bisa demam, dan banyak sekali ciri-ciri mengenai penyakit kucing yang satu ini, oleh karna itu mari kita bahas satu persatu. Penasaran? Simak artikelnya berikut ini.

(Baca juga: Cara mengobati kucing demam)

Ciri-Ciri Kucing Sakit Demam

  1. Badan Kucing Terasa Panas

Sudah pasti kalo demam badan kucing pasti terasa panas, ciri-ciri yang satu ini memang hampir sama seperti yang terjadi pada manusia. Untuk memeriksanya kita hanya perlu memegang kucing dan merasakan apakah badan kucing terasa panas, jika iya, itu artinya Kucing kita sedang demam.

  1. Nafsu makan menurun

Nafsu makan menurun juga bisa menjadi salah satu gejala bahwa kucing sedang sakit, namun gejala ini memang ada beberapa faktor yang menyebabkannya. biasanya kucing yang sedang demam mereka selalu tidak mau dikasih makana walaupun itu makanan favoritnya, hal itu dikarnakan kondisi tubuh kucing yang sedang tidak nyaman.

  1. Diare atau Mencret

Kucing mencret juga itu bisa menjadi salah satu tandanya, karna sistem pencernaan pada kucing biasanya menyusaikan dengan apa yang dimakan oleh kucing setiap harinya.

Dan jika kita sebagai pemilik kucing tersebut mengganti makanan kucing yang tidak seperti biasanya, kucing akan mengalami  kesulitan untuk beradaptasi dengna makanan yang baru, oleh karna itu kucing bisa saja terkena mencret diare, sembelit bahkan disertai demam.

Jika sudah terjadi demikan lebih baik kucing tesebut segera dibawa dokter hewan.

  1. Kucing jadi sering tidur

Perubahan perilaku pada kucing juga bisa menjadi salah satu indikasi bahwa kucing sedang sakit demam, Ciri-ciri ini merupakan salah satu perubahan perilaku yang bisa terlihat dengan mudah, bagaimana kucing yang tadinya biasanya berlari-lari(hyper aktif) sekarang seketika ia menajdi suka tidur secara terus menerus.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu ciri kucing demam.

  1. Bulu Kucing rontok

Perlu kalian ketahui sebenarnya penyebab dari kerontokan bulu kucing ini  bukan karena horomon ataupun lingkungan yang sedang birahi, makanan yang tidak cocok atau suhu ruangan disekitar kucing yang terlalu panas.

Baca Juga  13 Tanda-Tanda Kucing Sakit Parah

Namun kerontokan ini terjadi karena si kucing kekurangan vitamin, karna jika si kucing terkena demam bisa saja daya tubuh kucing tersebut menjadi rentan dan menurun. Oleh karna itu biasakan rutin memberi ia vitamin yang baik untuk kucing kita.

  1. Mulut kucing berbau tidak sedap

Kalian bisa mencoba mengecek langsung aroma dari mulut kucng kalian, karna ketika kucing sedang terkena sakit(demam) biasanya mulut mereka akan ber bau tidak sedap. Itu dikarnakan panas dalam yang sedang mereka alami dan ketika hal itu terjadi biasanya kucing hanya ingin minum.

  1. Kucing Muntah-muntah

Sebenarnya hal ini sama hanlnya dengan manusia, manusia juga jika terkena demam biasanya suka muntah. Itu dikarnakan kondisi perut yang sedang tidak stabil. Ternyata hal ini juga di rasakan pada hewan, salah satunya yaitu kucing peliharan kita, kucing bisa muntah karna perut mereka yang sedang tidak setabil. (Baca juga Penyebab kucing muntah )

  1. Kucing sering merasa haus

Kucing yang sedang sakit demam mereka cenderung lebih banyak meminta minum dari biasanya, Itu dikarenakan tenggorokan mereka yang sangat mudah kering selama sakit dan menyebabkan kucing menjadi dehidrasi.

  1. Berat badannya menurun

Poin ini sebenarnya bekaitan dengan poin di atas. Hal ini bisa terjadi karna kucing yang sakit akan cenderung suka tidur terus menerus akhirnya nafsu makannya pun menurun. Hal ini juga memicu menurunnya kondisi badan karna kurangnya asupan nutrisi yang mengakibatkan berat badannya menjadi turun bahkan mungkin turun drastis.

  1. Hidung kucing berarir

Penyakit demam memang sering membuat hidung berair, samahalnya seperti manusia ketika mengalami masuk angin pasti salah satu hidung kita akan mampet bahkan ada yang sampai flu. Ternyata  hal ini juga dirasakan oleh kucing, kucing flu juga biasany hidungnya akan berair beda dengan kucing yang normal yang sehat, bagian hidungnya merah dan hangat, tidak berair.

  1. Perubahan Bentuk tubuh
Baca Juga  Panduan Mudah Cara Memelihara Anak Kucing Tanpa Induk

Maksud dari perubahan bentuk tubuh di sini ialah semisal ada pembegkakan dibagian tertentu pada tubuhnya atau terlihat ada sebuah luka. Perubahan bentuk tubuh ini akan mudah terlihat jika ini berada diluar tubuh kucing, namun jika didalam kita harus membuka mulutnya langsung dan mencium baunya.

Kalo kalian merasakan baunya busuk atau ada aroma yang tidak norman kemungkinan kucing tersebut terkena penyakit tertentu bisa dari pecernaan  dan lain sebagainya.

Jika kalian menemukan hal seperti ini alangkah baiknya langsung dibawa ke dokter hewan terdekat saja.

  1. Telinga kucing terasa Panas

Sebenarnya ada cara lebih mudah untuk memastikan apakah kucing kalian sedang terkena demam, ini bisa dilakukan dengan cara memegang daun telinganya, jika ia sakit akan terasa panas sama halnya jidat/dahi manusia ketika terkena demam. Tapi tidak setiap kali telinga kucing panas itu menandakan dia sakit, disini kita bisa melihat apakah ada gejala penyakit kucing lainnya seperti yang telah disebtkan di atas.

Karna meman secara alami kucing mampu menaikan suhu tubuhnya sendiri jika ia sedang merasa kedinginan, misalnya ketika ia habis dimandikan.

  1. Telinga, Hidung, Mata dan Mulut kucing mengeluarkan cairan

Ciri-ciri kucing demam yang satu ini memang agak sedikit berbahaya, kenapa? Karna biasanya ketika kucing terkena demam, dibagian  tertentu pada tubuh mereka seperti hidung kerap mengeluakan kotoran yang berlebihan, ada pun di bagian mata kucing berair atau adanya belek, dibagian telinga juga terjadi penumpukan kotoran sehinngga menyebabkan bau. Hal ini memudahkan kuman menyerang sehingga terjadi penyakit khususnya demam atau panas pada kucing.

(Baca lebih lengkap ciri-ciri kucing sakit parah)

Nah, segitu saja untuk artikel kali ini, tentang ciri-ciri kucing demam panas yang memang ini merupakan penyakit sepele , jangan sampai dibiarkan karna bisa membahayakan kucingjuga!. Jangan lupa bagikan atau share artikel ini ke teman-teman pecinta kucing lainnya yah! Terimakasih.

Referensi : www.maniakucing.com

Facebook Comments