TIPS & TRIK

Cara Tepat Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Cara Tepat Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

5 Tips Ampuh untuk Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir Agar Tidak Mati dan Cepat Besar

Enggok.com – Anak kucing yang baru lahir biasanya mereka terlahir sebagai seorang penjelajah, mereka akan menjelajahi lingkungan disekitarnya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, karena itu rasa keingintahuan anak kucing yang baru lahir merupakan masalah yang berat bagi kamu yang mencoba merawat mereka dan membesarkannya.

Untuk merawat anak kucing yang baru lahir ini maka ada baiknya kalian coba terlebih dahulu untuk menciptakan lingkungan yang baik untuk anak kucing tersebut dengan cara:

1. Belajarlah Cara Menangani Anak-Anak Kucing Yang Baru lahir

Cara Tepat Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Anak kucing yang baru lahir biasanya mereka akan selalu diawasi oleh induknya, kadang ada beberapa induk kucing yang tidak memperbolehkan manusia untuk mendekati anak mereka, oleh karena itu biarkanlah mereka dengan induknya terlebihdahulu dan jangan dulu diganggu, karena ketika kalian mencoba mengganggu mereka induk kucing biasanya akan memindahkan-mindahkan anaknya supaya bisa jauh dari manusia kadang itu membuat kita tidak bisa mengawasi mereka.

Apabila anak kucing tersebut ditinggal oleh induknya, maka hal yang harus di perhatikan yang pertama ialah selalu menjaga kebersihan di lingkungan mereka, supaya mereka bisa terhindar dari kuman dan juga bakteri. Karena mereka ditinggal oleh induknya selalu pastikanlah bawa anak kucing tersebut merasa hangat dengan cara memeriksakan apakah telapak kakinya dingin, biasanya anak kucing akan menangis jika mereka merasa kedinginan.

Dan apabila anda memiliki hewan peliharaan lain pastikan bahwa anda memisahkan anak kucing dari hewan-hewan lain tersebut selama setidaknya 2 minggu, Jangan satukan kotak, makanan, atau mangkuk air hewan-hewan itu, karena hal itu rentan penyakit.

Baca Juga  Mengatasi Kucing Muntah dan Tidak Mau Makan Hanya Dengan 24 jam

2. Menjaga Anak Kucing Agar Merasa Hangat

Cara Tepat Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Anak kucing yang baru lahir di bawah 2 minggu biasanya mereka tidak dapat mengatur suhu badannya sendiri, untuk menghangatkan diri biasanya mereka selalu mendekatkan dirinya kepada induknya. Jika hal ini tidak dapat mereka lakukan karna suatu alasan, atu mereka ditinggalkan oleh induknya, maka cobalah untuk membuat suatu tempat atau lingkungan yang bisa membuat mereka merasa hangat.

Bisa dengan cara membeli bantal panas yang dibuat khusus untuk anak anjing dan anak kucing, tapi jika kalian melakukan cara ini kalian harus memastikan anak kucing tersebut tidak menempel langsung pada bantalan panas, karena anak kucing tubuhnya bisa saja dapat mengalami luka bakar atau kepanasan, kalo bisa bungkuslah bantalan tersebut dengan handuk.

Cara yang kedua anda juga bisa menggunakan botol air panas yang dibungkus kedalam handuk, untuk mengganti bantalan panas namun sering-sering lama memeriksakan bahwa botol tersebut masih hangat (sekitar 38 derajat Celcius).

3. Buatlah Tempat Tidur Yang Lembut

Cara Tepat Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Poin ini bisa dilakukan dengan atau tanpa induknya sekalipun, letakkan sebuah kotak atau tempat tidur kucing di wilayah yang tenang dan terletak di sudut rumah anda, ruangan untuk meletakkan nya pun haruslah hangat dan tidak berangin serta jangan lupa jauhkan dari hewan peliharaan lainnya Jika anda memiliki nya.

Anda juga bisa menambahkan handuk dalam kotak tersebut untuk membuat anak kucing nyaman saat mereka beristirahat, jika mereka tidak memiliki induk, Anda juga bisa menutup kotak atau kandangnya dengan handuk untuk membuat mereka tetap hangat dan Pastikan untuk tidak menutup lubang udara yang ada pada kotak atau kandang, agar anak kucing tidak kesulitan bernapas.

Baca Juga  Cara Ampuh Obati Kucing Keracunan

4. Satukan Anak-Anak Kucing Tersebut

Cara Tepat Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Disini Apabila anak kucing itu lebih dari satu anda tidak perlu memerlukan kotak atau kandang terpisah untuk setiap anak kucing, cobalah letakkan Mereka dalam satu tempat tidur yang sama karena ini juga bisa membantu membuat anak-anak kucing merasa hangat dan nyaman dan pastikan bahwa anda memiliki ruangan yang cukup untuk menempatkan anak-anak kucing itu agar mereka juga bisa bergerak leluasa.

5. Memberi Makan Anak Kucing

Cara Tepat Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Untuk memberi makan anak kucing yang baru lahir, lebih jelasnya anda bisa baca Klik Disini.

Demikianlah cara-cara penanganan Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir, baik yang memiliki induk maupun yang tidak, terima kasih telah membaca.

kalian juga bisa baca lebih lanjutnya Cara memelihara Anak Kucing Tanpa Induk disini.

Referensi: id.wikihow.com

Facebook Comments