PANDUAN, TIPS & TRIK

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Ampuh dan Mudah

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling

Enggok.com – Kutu Kucing memang hal yang biasa yang bisa kita temui disetiap kucing, pada umumnya setiap kucing memang memiliki kutu, namun hal tersebut tidak bisa kita anggap remeh karena kucing yang telah dihinggapi kutu bisa membahayakan dan membawa Penyakit bagi si kucing dan manusia.

Mengapa seperti itu, karena kutu pada kucing akan membuat ia gatal dan kemudian stelah itu si kucing akan menggaruk bahkan mengigit tubuhnya sendiri. Otomatis kalau hal ini terus dibiarkan, kulit si kucing akan mengalami lecet atau luka dan nantinya ini bisa saja terjadi alergi serta kemungkinan infeksi sekunder.

Bukan hanya itu saja namun kutu kucing juga bisa menular ke manusia disaat kita sedang berinteraksi pada kucing kesayangan kita, bisa saja kutu tersebut keluar dari tubuh si kucing dan malah hinggap ke kulit kita, akhirnya si kutu itu malah menyerang dan mengigit kulit kita sekarang.

Baca lebih lanjut mengenai Cara Mengobati Gigitan Kutu Kucing Pada Manusia

Jika tidak mau hal seperti itu terjadi berikut ada beberapa cara yang penulis rangkum untuk menghilangkan kutu pada kucing dengan mudah.

Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing Dengan Mudah

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Ampuh dan Mudah

Untuk menghilangkan kutu pada kucing atau membersihkan kucing dari penyakit kutu tersebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, mulai dari cara yang alami sampai dengan menggunakan alat tertentu, simak tipsnya berikut ini.

1. Memandikan kucing dengan sampo khusus

Dengan mandi kebersihan tubuh kucing bisa terpenuhi karena mandi ini juga bisa mencegah dan mengusir kutu yang nakal, aktivitas ini juga merupakan salah satu solusi yang bagus dalam menghilangkan telur kutu yang ada pada kucing.

Supaya makin ampuh lagi efeknya cobalah ganti shampo kucing kalian dengan shampo anti kutu kucing kalau bisa pilih yang beraroma lemon, karena biasanya shampo ini ampuh juga untuk anak kucing.

Agar sikutu biar gak balik-balik lagi, kalian bisa gunakan shampoo anti kucing ini 1 bulan sekali saat lagi mandiin kucing kesayangan kalian dan buat hasil yang maksimal tentu kalian harus konsisten ya.

Baca lebih lanjut Cara Ampuh Menghilangkan Telur Kutu Kucing

2. Minyak telon

Nggak percaya minyak telon bisa ngilangin kutu pada kucing? jangan salah ya, minyak telon ini ternyata cara yang paling praktis untuk mengusir kutu yang ada pada kucing loh. Cara pakainya juga gampang banget, tinggal mengusapkan minyak ke bagian kulit kucing yang banyak terdapat kutu kutunya.

Namun disini jangan kebanyakan juga ya, Biar suatu si kucing lagi ngejilatin tubuhnya gak sampai termakan oleh dia.

3. Menyisir bulu kucing

Nah Buat cara ini pas banget kalau digabung saat kalian udah Mandiin kucing kalian kaya cara Nomor 1 yang di atas tuh, yang harus kalian lakukan cuman gunakan sisir yang cocok dengan bulu si kucing kesayangan, setelah itu sisir lah si kucing dengan merata supaya kutunya bisa terangkat dan hilang.

Nah buat pencegahan biar kutunya nggak balik-balik lagi, kalian bisa coba buat menyisir kucing kalian secara teratur. Karena menyisir bulu kucing juga merupakan salah satu hal yang bagus untuk perawatan bulu kucing kalian .

4. Menyemprotkan air cuka

Buat kalian tahu, sebenarnya Kutu itu tidak suka dengan aroma yang ada pada cuka, oleh karena itu Kalian juga bisa Gunakan cara ini, dengan cara mencampurkan air dan cuka ke dalam panci (perbandingannya 50:50 ya atau seimbang) lalu hangatkan dengan api sedang.

Kalau sudah jadi kalian taruh air yang sudah dicampur cuka tersebut ke dalam botol semprot, setelah itu coba semprotkan cairan tersebut di titik-titik yang terdapat kutunya.

Namun ingat, ketika kalian menyemprotkan cairan ini jangan sampai ada cairan yang mengenai mata si kucing dan telinganya ya.

Baca Juga  13 Ciri-Ciri Kucing Demam Panas Yang Perlu Kamu Ketahui

5. Menggunakan jus lidah buaya

Kalau kalian ingin menggunakan cara yang alami kalian bisa menggunakan jus lidah buaya, jus lidah buaya ini juga merupakan salah satu obat kutu kucing yang alami dan juga manjur. Cara ini juga merupakan salah satu cara yang wajib kamu coba ketika kalian ingin mengusir kutu pada kucing kesayangan kalian.

Caranya sangat mudah, yaitu hanya tinggal membuat lidah buaya dijadikan jus bersama sedikit cabe rawit, setelah jadi olahan tersebut dimasukkan ke dalam sebuah botol semprot untuk dijadikan semprotan anti kutu kucing.

6. Menggunakan semprotan lemon

Kalian juga bisa menggunakan alternatif lain untuk membasmi kutu kucing yaitu dengan semprotan Lenmon, semprotan lemon ialah semprotan yang berbahan dasar dari lemon. karena memang lemon sendiri tidak disukai oleh kutu dikarenakan terdapat kandungan asam sitrat di dalamnya sehingga kutu pun tidak menyukainya.

Cara membuat semprotan lemon sangatlah mudah, yang perlu kalian lakukan adalah mengambil sebuah lemon dan memotongnya menjadi 4 bagian, setelah itu taruh ke empat bagian sebutkan dalam air yang mendidih dan pastikan ke-4 lemon tersebut terendam air panas. Setelah selesai biarkanlah campuran air dan lemon tersebut semalaman dan setelah itu barulah di saring di hari berikutnya, dan barulah hasil dari penyaringan air tersebut dimasukkan ke dalam sebuah botol semprot.

7. Menggunakan cuka apel

Sebenarnya prinsipnya sama selain beberapa jenis semprotan di atas kalian juga bisa menggunakan cuka dari sebuah apa karena cuka dari apel ini sebenarnya memiliki ciri khas yaitu bau busuk yang tentunya sangat tidak disukai oleh kutu kucing.

Oleh karena itu cuka apel ini juga bisa digunakan sebagai semprotan anti kutu kucing lainnya, cara membuat ramuannya dengan menggunakan sari buah apel ini dengan perbandingan 2 banding 1 air dan cuka.

8. Menggunakan garam

Jika kalian tidak punya cukup biaya untuk mendapatkan barang-barang yang disebutkan sebelumnya kalian juga bisa menggunakan garam yang ada di dapurkalian untuk menghilangkan kutu pada kucing.

Caranya gampang, kalian hanya cukup menambahkan garam ke dalam air hangat, setelah itu rendamlah kucing kalian di air hangat tersebut yang telah dicampur dengan garam tadi, usahakan jangan sampai tenggelam Ya! .

9. Vaksin Ivermectin

Vaksin juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk membasmi hama yang menyebalkan ini namun pemakaian ini harus disertai dengan konsultasi pada dokter hewan.

Banyak orang yang mengira bahwa suntik Ivermectin ini bertujuan untuk mengatasi jamur pada kucing namun sebenarnya Hal ini bertujuan untuk membasmi kutu kucing lho karena Ivermectin tidak bisa membasmi jamur.

Ivermectin sendiri digunakan untuk membasmi cacing dan ektoparasit pada siempus kesayangan kita, salah satunya yaitu foto tersebut. Namun Ivermectin sendiri itu tidak bisa untuk membunuh telurnya. Dan juga biasanya dibutuhkan Sampai Tiga Kali suntikan dengan jarak 3 sampai 4 Minggu untuk hasil yang lebih maksimal tentunya.

Namun Awas suntikan ini jangan sampai kalian gunakan untuk anak kucing yang di bawah 3 bulan, karena hal itu bisa mengakibatkan keracunan bahkan kerusakan pada ginjalnya.

10. Obat tetes

Ada cara yang lebih sederhana dibanding dengan cara-car sebelumnya, kalian hanya perlu membeli obat tetes anti kutu kucing yang bisa kalian dapatkan di petshop atau dokter hewan.

namun sebelum itu Kalian juga harus tahu bahwa obat ini hanya digunakan untuk kucing dewasa jangan sampai kalian gunakan untuk kucing yang masih kecil. Sebelum menggunakan obat ini kalian juga harus membaca aturan pakainya terlebih dahulu dan itu sangat dianjurkan.

Obat ini sendiri digunakan pada tengkuk atau leher si kucing dengan tujuan supaya si kucing agar nggak bisa menjilat-jilat obat ini setelah dipakai. Karna takutnya apa bila obat ini termakan , bisa saja si kucing sakit perut dan Diare.

Baca Juga  Cara Ampuh Menghilangkan Telur Kutu Kucing Dalam 30 Menit

11. Spray anti kutu kucing

Sama halnya dengan obat tetes, spray anti kutu kucing juga bisa kalian dapatkan dengan mudah di toko-toko terdekat, namun pastinya perlu diperhatikan lagi di sini cara penggunaannya supaya kucing tidak stres.

12. Membatasi aktifitas di luar rumah

Tentunya poin ini bisa dikategorikan dalam pencegahan, apalagi kalau kucing kalian yang memiliki jiwa berpetualang kemungkinan besar ia pasti akan terkena kutu.

Untuk itu membatasi aktivitas ia di luar rumah merupakan solusi yang tepat untuk mencegah Ia terkena kutu, hal ini bisa dimulai dengan cara selalu menutup pintu rumah dan menutup lubang lubang yang bisa iya pakai untuk keluar dari rumah.

Baca lebih lengkap Cara Menghilangkan Kutu Kucing Di Rumah

13. Sisir anti kutu kucing

Jika kalian tidak tahu sebenarnya ada juga produk sisir khusus untuk menghilangkan kutu kucing, kalian bisa dapatkan itu di petshop dan langsung menggunakannya ke kucing kalian, waktu yang paling tepat untuk menggunakannya ialah saat setelah mandi atau saat kamu ada waktu luang.

Hindari Melakukan 4 Cara Berikut

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Ampuh dan Mudah

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang yang memiliki kucing, tentunya dalam mengatasi kutu pada kucing diantaranya seperti:

  1. Memberikan bedak – kenapa hal ini dilarang? Karena terdapat banyak kasus yang telah ditemukan setelah kucing diberi bedak lalu dimandikan kucing muntah-muntah dan malah ada yang alergi. Oleh karena itu pemakaian bedak dalam upaya membersihkan kutu kucing sebaiknya Jangan dilakukan.
  2. Menggunakan obat kimia berlebih – kalau yang satu ini pastinya sangat tidak boleh untuk dilakukan, karena pemakaian obat kimia pada kucing itu harus sesuai dosis yang dicantumkan dan juga cara pemakaiannya. Contoh kecilnya saja seperti spray anti kutu kucing, ketika kita hendak memberikan itu, kita jangan sampai menyemprot bulu kucing sampai basah, yang perlu kitalakukan hanya cukup sedikit saja, karena apabila ini sampai basah itu sudah termasuk kategori berbahaya untuk kucing.
  3. Minyak kayu putih – Mungkin ada beberapa pembahasan bahwa minyak kayu putih itu malah ampuh untuk membasmi kutu kucing, namun Penulis disini tidak menyarankan untuk memberikan itu pada kucing. Karena apabila kita pakai dan kita oleskan di daerah kulit sikucing kemungkinan besar si kucing bisa saja menjilati daerah tersebut dan jika itu terjadi efeknya bikin kasihan si kucing, karena mungkin saja dia bisa tidak mau makan dan malah muntah-muntah setelah menjilat minyak kayu putih itu.
  4. Obat kimia – saran penulis jangan sekali-sekali menggunakan obat kimia untuk menghilangkan kutu pada kucing, walaupun kalian ingin menggunakan obat tertentu usahakan obat itu obat yang dianjurkan oleh dokter dan juga cari lebih lebih dalam lagi mengenai efek samping dari obat yang ingin kalian pakai.

Dalam usaha menghilangkan kutu pada kucing yang paling utama ialah konsisten dan penuh kesabaran, memang semua hal tidak ada yang instan namun kalo kita giat melakukannya pasti kutu kucing juga bisa hilang.

Saran saya, dalam pembasmi parasit ini alangkah baiknya kita menggunakan bahan-bahan yang terlebih dahulu penggunaan obat kimia mungkin tidak masalah Namun lebih baik kita tidak terlalu bergantung pada obat kimia tersebut.

Selain itu perhatikan kesehatan kucingnya juga, agar ia semakin terhindar dari kutu kucing. Maka dari itu cobalah kalian selalu memberikan makanan kucing terbaik juga supaya dia bisa tumbuh sehat pasti.

Oke segitu saja dari penulis kali ini, Terima kasih telah membaca, Sampai berjumpa di artikel berikutnya.

Referensi: kucingpedia.com

Facebook Comments