PANDUAN, TIPS & TRIK

Cara Mengatasi Kucing Stres Dengan Mudah

Cara Mengatasi Kucing Stres Dengan 9 Trik Jitu

Engok.com – Sebelumnya kita pernah berbicara mengenai ciri-ciri kucing stres. Oleh karna itu sekarang penulis akan membahas bagai mana cara mengatasi kucing stres tersebut.

Kucing memang merupakan hewan yang perasa, mereka itu bisa manja dan juga bisa marah dalam satu waktu. Perubahan sikap yag mendadak sering kali terlihat oleh kucing yang sedang mengalami masalah pada mentalnya, mungkin dikarnakan banyak faktor yang mengakibatkan hal itu semua, salah satunya yaitu stres.

 

Mengatasi Kucing Stres

cara mengatasi kucing stres

Meskipun terdenganr sepela, namun kucing stres ini harus segera diatasi, karna jika di biarkan bukan hanya mentalnya saja namun kesehatannya juga bisa terganggu. Biasanya kucing yang stres mereka akan kehilangan nafsu makan, ada juga yang menjadi sedikit rewel, bahkan menjadi pendiam dan suka menyendiri.  Hal buruknya ketika ia kehilangan nafsu makan itu bisa mengaibatkan dirinya menjadi kurus dan mudah terkena penyakit. Lebih buruk nya ada yang sampai jatuh sakit dan mati.

 

Oleh karna itu alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu penyebab kucing kita bisa stres, jika anda belum mengetahuinya bisa baca di sini Ciri-Ciri Kucing Stres.
Jika kalian telah mengatahui persoalnanya dimana, kalian bisa mencoba beberapa cara mengatasi kucing stres yang penulis kumpulkan berikut ini.

 

1.  Kucing Stress Akibat Pindah Rumah

Hal ini merupakan hal yang wajar dan sering terjadi, karena kucing juga harus beradaptasi dengan lingkungannya yang baru dan harus bertemu juga dengan orang yang baru bagi dia. Biasanya setres ini muncul akibat kucing yang terlanjur nyaman dengan suasana rumahnya yang dulu, hal inilah yang menjadi pemicu stres pada kucingtersebut.

Untuk cara mengatasi kucing stres satu ini,  kalian bisa mengawalinya dengan membuat iya merasa nyaman seperti mengelus bulunya, menemaninya lebih sering, bisa juga dengan mengajaknya bermain, gendong kucing dengan penuh kasih sayang dan lain sebagainya yang membuat ia merasa nyaman.

 

2. Stres Akibat Perjalanan

Untuk mengatasi stres yang satu ini sebenarnya yaitu dengan tidak membawanya pergi jalan-jalan yang jauh. Karna kebanyakan kucing mereka tidak suka jika di bawa ketempat yang jauh. Tapi jika kalian masih ingin membawa kucing kalian, untuk menekan stres mereka kalian bisa membawa pet cargo dan sering-sering lah berinteraksi dengan kucing. Beri waktu kucing juga untuk menghirup udara segar sehingga psikisnya terkontol.

 

3. Stres akibat lingkungan yang baru

Biasanya kucing akan stres akibat lingkungan yang baru, bukan hanya wilayah yang asing bagi mereka namun terkadang muka-muka dan juga kucing-kucing baru di lingkungannya turut menjadi faktor yang membuat dia stress.

Baca Juga  5 Cara Mudah Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Untuk mengatasi hal ini bisa dengan cara menemani dia terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan lingkungan yang barunya, dengan mengajaknya bermain dan juga jangan terlalu lama mengurung kucing di rumah, karena agar dia menyesuaikan dengan lingkungan yang barunya. Biarkan ia berjalan-jalan di rumah untuk mempercepat adaptasinya terhadap lingkungan yang baru iya temui.

Kalian juga bisa mengajaknya jalan-jalan keluar rumah bersama keluarga untuk membantunya supaya tidak tersesat apabila iya berada di luar rumah dan mencari jalan pulang.

 

4. Stres akibat melahirkan

Kucing merupakan hewan mamalia yang bisa stress akibat yang melahirkan, namun biasanya hal ini terjadi pada kucing yang masih berusia muda dan belum siap untuk memiliki anak. Maka untuk mengatasi kucing stres tipe ini bisa dilakukan dengan cara mengkarantina nya terlebih dahulu, selama masa tersebut Anda harus memberikan multivitamin yang cukup untuk daya tahan tubuhnya juga dengan harus Terus memperhatikan serta mengurusnya dengan baik.

Agar hal ini tidak terulang kembali, sebaiknya kita menentukan usia yang tepat untuk kucing dikawinkan, atau bisa juga dengan cara mengurungnya dan membiarkan ya tidak kawin terlebih dahulu sebelum umurnya siap, mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan?

 

5. Kucing stres karena penyakit

Kucing yang kelamaan sakit juga bisa membuat ia stres, memang ada beberapa kucing yang yang mudah sekali stres meskipun sakitnya baru sebentar. Namun hal ini dapat kita cegah dengan cara cara mengetahui terlebih dahulu penyakit yang diderita oleh kucing supaya mudah dalam masa penanganannya agar tidak membuat dia semakin stress. Untuk menangani yang satu ini alangkah baiknya anda membawa kucing tersebut langsung saja ke dokter untuk mengetahui dan bagaimana cara menyembuhkan penyakit yang diderita, supaya kedepannya ia lekas sembuh dan stress nya juga hilang.

 

6. Stres Karena Bosan

Hati-hati jika anda memiliki kucing yang anda sedang karantina atau Anda kurung di dalam rumah tiap harinya, karena itu juga bisa menimbulkan stress yang timbul karena kebosanan yang dialami.

Oleh karena itu cara mengatasinya hanya cukup melepaskannya dia di halaman rumah dan juga bisa dengan cara mengajaknya jalan-jalan untuk menemui kucing lain yang ada di lingkungannya.

Tentunya kebosanan ini juga bukan dari kucing yang dikarantina saja, kucing yang diberi makanan terus menerus itu saja, ia bisa bosan dan stress loh. oleh itu Kalian juga bisa memberikan variasi makanan yang berbeda setiap harinya untuk mencegah kebosanan pada si kucing.

Baca Juga  Cara Mudah Memilih Makanan Penumbuh Bulu Kucing Yang Tepat

 

7. Kehilangan Anak

Kucing merupakan hewan yang perasa Sama halnya seperti manusia, dia juga bisa mengalami kesedihan yang mendalam akibat ditinggal oleh anaknya. Kadang ada kucing yang akhirnya sakit dan juga mati karena stres ditinggal pergi oleh anaknya.

Oleh karena itu untuk mengatasi kucing jenis seperti ini kalian bisa mengkarantina kucing kalian di dalam rumah. Sebab, biasanya kucing yang mengalami stress seperti ini mereka akan cenderung pergi dari rumah dan tak pernah kembali. Dengan cara seperti itu kita bisa mencegah kucing kita keluar rumah, selamat ia di karantina sebaiknya kita bisa memberikan pasokan nutrisi dan makanan yang baik untuk dia agar dia bisa move on dan melanjutkan hidupnya.

 

8. Stres akibat trauma

Hal ini pasti sering kalian temui di setiap kucing jalanan atau kucing rumahan yang sering disiksa oleh majikannya, karena perlakuan majikan yang dulu kasar Biasanya kucing sering mengalami trauma dan stres.

Untuk mengatasi kucing yang seperti ini kalian bisa melakukan beberapa pendekatan dimulai dari mengetahui penyebabnya terlebih dahulu Apakah ia trauma akibat tingkah kasar manusia atau bisa saja hewan lain, setelah itu perlakukan Iya dengan sangat lembut jika memang dia disiksa oleh manusia.

Namun jika ia trauma oleh hewan lain akibat berkelahi, kalian bisa memisahkan kucing kalian dengan lawan mainnya. Atau baiknya dikarantina terlebih dahulu supaya stresnya dan traumanya hilang.

 

9. Stres akibat tidak ada pasangan

Bukan cuma manusia tapi kucing yang jomblo juga ia kan mengalami stress yang mendalam. Biasanya kucing yang mengalami Stres ini mereka akan lebih sering keluar rumah dan mencari teman untuk mendampingi dia.

Untuk mengatasinya cukuplah mudah, kalian bisa memberinya seorang teman atau mengkawinkan nya dengan lawan jenisnya. Namun hal yang harus diperhatikan ialah menemukan teman yang serasi artinya jika ia kucing persia ras asli harus dengan ras Persia asli juga agar tidak berkelahi.

Nah mungkin hanya itu saja yang bisa penulis sampaikan Bagaimana cara mengatasi kucing stres. Jika kalian punya pertanyaan kalian bisa tulis komen di bawah, dan jika kalian suka artikel seperti ini jangan lupa share ke teman-teman pecinta kucing lainnya yang di luar sana mungkin belum tahu Info menarik ini.

Terima kasih telah membaca.

 

Referensi: www.sukakucing.com

Facebook Comments