PANDUAN, TIPS & TRIK

15 Penyebab Kucing Muntah Dan Cara Mengobatinya (Ampuh)

15 Penyebab Kucing Muntah Dan Cara Mengobatinya

Enggok.com – Suka khawatir dan Sedih ketika ngelihat siempus ke sayang sering sakit dan ngeluarin makanannya yang baru aja dia makan, kita juga kalau lagi sakit kan, gimana ya rasanya, pasti gak enak. Kucing muntah juga kayaknya ngerasain hal yang sama.

Kadang memang kucing yang muntah bisa saja karna kesehatan yang sedang menurun atau biasa saja dia tidak suka pada makanan tersebut, tapi kalau udah gak wajar, jadi sering, atau kucing  yang muntah putih susu, kucing yang muntah cacing, dll (Tapi kalau bulu nggak ya itu wajar Wajar saja). Kalo sudah seperti ini jangan dibiarin lebih lama.

Cara Mengatasi Muntah Kucing Secara Ampuh

15 Penyebab Kucing Muntah Dan Cara Mengobatinya

Pertama-tama jika kondisi kucing kamu sekarang sedang mengalami muntah yang cukup banyak dan jangka waktunya terbilang sering, di sini kamu jangan dulu panik, tenanglah dan coba cari tahu dulu penyebabnya terlebih dahulu, setelah tahu penyebabnya berasal dari mana, kamu bisa mengobati dengan cara yang paling tepat untuk menangani kucing yang muntah tersebut, Untuk lebih jelasnya Yuk simak penjelasan penulis dibawah ini.

Sebenarnya kucing yang muntah merupakan sesuatu yang wajar terlebih banyak faktor yang menyebabkan kucing sakit, berikut inilah beberapa faktor yang menyebabkan kucing bisa muntah.

1. Virus Panleukopenia

Yang namanya virus tidak boleh dianggap remeh, begitu pula dengan Virus Panleukopenia ini, biasanya virus inilah yang menyebabkan si emfus bisa muntah cairan kuning dan bahkan mencret-mencret. (untuk mengatasi kucing mencret mencret kamu bisa baca disini).

2. Muntah Bulu

Hairballs atau juga sering disebut muntah bulu merupakan hal yang umum yang terjadi pada kucing.

Karena merupakan hal yang biasa apabila bulu mati tertelan saat kucing menjilati badannya ataupun setelah self grooming yaitu kondisi dimana bulu biasanya menyangkut di lidah kucing saat menjilati bulunya.

Ini juga merupakan salah satu kebiasaan kucing dan apabila telah terlanjur dan terus menerus, bulu kucing tersebut akan tertimbun semakin banyak sehingga ruang untuk makanan yang sebenarnya menjadi berkurang sehingga tidak lama kemudian pasti kucing kamu tersebut akan memuntahkan makanannya Kembali dan biasanya apabila itu terjadi, si kucing akan memakan rumput atau tumbuhan kecil untuk mengeluarkan sisa bulu yang sudah tertelan.

3. Bosan Dengan Makanan

Kucing juga seperti manusia, jika dia terus menerus dikasih makanan yang sama ia akan merasakan bosan, dan makanan juga merupakan salah satu penyebab si emfus bisa muntah. Ada beberapa kasus yang menyebabkan kucing bisa muntah karena makanan, yaitu dimana kondisi si kucing terlalu makan berlebihan sehingga ia menjadi kekenyangan, akibatnya si kucing tersebut tidak mau makan lagi dan mengeluarkan semua makanannya kembali.

Baca Selengkapnya Makanan yang Baik Untuk Kucing

4. Alergi Dengan Makanan

Kucing juga bisa alergi pada makanan, setiap kucing dan yang lainnya tidak sama, ada yang bisa dikasih makanan A dan ada juga yang tidak bisa dikasih makanan B, karena itu alergi makanan merupakan penyebab yang sangat umum yang terjadi pada kucing. Itu juga kamu sebagai pemilik jangan menyepelekan alergi tersebut karena kemungkinan alergi itu bisa berkepanjangan, disini kamu harus cermat dan memilih makanan yang bagus untuk si kucing.

5. Kucing Hamil

Biasanya manusia juga sedang hamil sering muntah-muntah kan?, ternyata itu juga terjadi hal yang serupa pada si emfus, karena salah satu ciri kucing hamil ialah jadi sering muntah.

Hal itu disebabkan oleh hormon esterogen di dalam tubuh si kucing meningkat yang membuat cairan asam lambung dalam perut ikut meningkat juga, makanya apabila ia telah selesai makan dia akan mual dan bisa muntah.

Baca Juga  7 Cara Gampang Obati Kucing Flu Secara Alami

6. Keracunan

Ini yang paling berbahaya, karena hal ini bisa membahayakan hidupnya. Biasanya hal ini terjadi karena kita sering membebaskan dia bermain di luar jadi membuat resiko keracunan ini semakin besar.

Karena kita tidak bisa mengawasi mereka, apa saja yang telah Ia makan atau minum, biasa saja secara tidak sengaja ia meminum atau memakan bahan beracun ke dalam tubuhnya, yang mana si kucing tidak tahu bahwa itu makanan atau minuman yang aman baik atau tidak, dan apabila itu terjadi biasanya si kucing akan muntah berbusa putih bahkan sampai Mencret-mencret dan itu sangat berbahaya.

Selengkapnya Cara Mengobati Diare Pada Kucing Secara Alami 

7. Parasit

Parasit ini juga merupakan salah satu faktor penyebab kucing  memuntah makanan yang dimakannya, karena memang parasit merupakan faktor yang paling sering menyebabkan kucing mengalami hal ini, karena mereka bisa saja masuk ke dalam tubuh si kucing, saat si kucing makan atau juga melalui bulu saat si kucing sedang bermain di luar rumah.

8. Makan Benda Asing

Benda asing di sini yaitu benda seperti plastik, kertas, mainan, dan apapun jenisnya yang sebenarnya tidak bisa dimakan. Disini juga kita tidak bisa mengontrol apapun yang mereka makan dan kita juga tidak bisa menyalahkan mereka karena memang kucing pada umumnya memiliki hobby untuk menggigit sesuatu, dan bisa saja termakan, kan?.

9. Penyakit

Ada juga beberapa penyakit yang bisa mengakibatkan kucing bisa muntah di antaranya seperti:

  • Muntah cairan kuning – Selain disebabkan seperti contoh pada nomor satu yaitu virus ternyata muntah cairan kuning ini juga bisa disebabkan karena ada penyakit pada hatisi kucing. Selengkapnya: Baca Kucing muntah kuning.
  • Muntah berdarah – Kucing bisa muntah disertai dengan darah. Apabila kucing muntah darah dan warnanya coklat gelap biasanya itu adamasalah pada ususnya. Kalau darahny berwarna cerah segar itu terdapat luka di dalam saluran pencernaan si kucing.
  • Muntah berlendir – Biasanya kalo berlendir itu terjadi Peradangan pada usus si kucing jadi penyebab lendir berwarna kuning keluar lewat muntahan si kucing.
  • Muntah cairan empedu – Jika anda pernah mendengar radang pangkreas, itu bisa disebut juga dengan inflasi usus. Karena penyakit inilah biasanya sikucing bisa muntah mengeluarkan cairan empedu yang berwarna hijau tua.

10. Pengaruh Toksin Dan Obat-obatan

Biasanya kucing muntah-muntah karena dari pengaruh obat-obatan yang diberikan atau racun yang tidak sengaja dikonsumsi oleh si kucing. Misalnya seperti saat kamu menyemprotkan obat nyamuk ke bagian tertentu di rumah kalian tanpa disadari si kucing malah menjilati bekas semprotan obat nyamuk di ruangan tersebut.

Dan ada juga beberapa obat yang tidak bagus untuk diberikan pada kucing Misalkan seperti aaspirin, acetaminofen, ibuprofen dan amfetamin. Obat-obatan tersebut bisa menyebabkan muntah pada kucing.

Baca Selengkapnya Vitamin Agar Kucing Cepat Gemuk

11. Turunan

Terdapat beberapa kasus pada kucing kucing yang sering muntah ternyata itu disebabkan oleh faktor keturunan biologisnya.

12. Pasca Operasi

Jika kucing kalian telah melakukan operasi biasanya setelah itu si kucing akan merasa pusing, bahkan ada yang sampai muntah loh. Oleh karna itu kalau sampai terjadi seperti ini usahakan agar mengistirahatkan si kucing ya.

Baca Juga  Cara Mengobati Diare Pada Kucing Secara Alami (AMPUH)

13. Infeksi

Salah satu penyebab yang paling sering dan umum terkait masalah kucing muntah ialah dari infeksi atau infeksi bronkial.

14. Kemasukan Benda Asing

Ini bisa terjadi apabila si kucing yang sedang menguap atau menarik dan membuang udara karena agak ngantuk, Terus disana dia malah kemasukan debu, atau angin kotor, atau bahkan Anda benda asing Seperti serangga yang ikut tersedot ke dalam mulut si kucing, kotoran pun bisa juga tertelan tidak senaja. Hal seperti ini juga bisa menyebabkan kucing muntah karena kesakitan atau rasa gatal pada area kerongkongan dalamnya.

15. Nutrisi Diet yang Buruk

Jika kalian sedang melakukan program diet untuk sikucing, jangan sekali-kali kalian memberikan makanan yang berkualitas rendah padanya, .

Karena kebanyakan orang yang melakukan program diet pada kucing biasanya mereka akan memberikan makanan dengan protein, namun banyak dari makanan tersebut yang tidak terpercaya. Bisa saja makanan tersebut terdiri dari bahan seperti sisa makanan ternak, atau kulit binatang dan lain sebagainya.

Hal itu bisa menyebabkan penyakit pada si kucing dan sangat tidak direkomendasikan, mungkin saja dari makanan tersebut si emfus bisa saja mengalami muntah.

Cara Mengobati Kucing Muntah-Muntah

15 Penyebab Kucing Muntah Dan Cara Mengobatinya

Nah setelah kalian sudah mengetahui dari mana penyebab kucing kalian bisa muntah, baru di sini kalian bisa mengobati kucing kalian dengan beberapa penanganan tepat yang bisa kamu lakukan seperti di bawah ini.

1. Cara Mengatasi Kucing yang Muntah Bersifat Normal

Baik Anak kucing maupun kucing dewasa jika dia menunjukkan gejala muntah biasa seperti muntah ya sedang hamil, muntah bulu, atau akibat makanan yang tidak cocok dengan si kucing, kamu di sini bisa menanganinya dengan cara yang mudah yaitu.

Untuk menangani hal ini kalian hanya cukup untuk menjauhkan kucing kalian dari benda asing, rumput, makanan kecil, dan sebagainya, ini diperlukan supaya tidak ada makanan yang aneh-aneh sampai termakan oleh Nya.

Kamu juga bisa mencoba untuk tidak memberinya makan dan minum terlebih dahulu dalam kurun waktu minimal 12 jam, kalau dia seperti mengeong ngeong kehausan atau mencari minum setelah 12 jam berlalu cobalah untuk memberi dia minum dan berdoalah semoga penyakitnya telah sembuh.

Setelah itu barulah kalian bisa memberi dia makanan yang rendah lemak namun dalam porsi yang kecil, jika kamu telah melihat ia sudah bisa beraktivitas seperti sedia kala, kamu bisa kembali merawatnya seperti biasa lagi.

2. Cara Mengobati Kucing yang Muntah  Sudah Berbahaya

Jika si emfus kalian sudah menunjukkan muntah-muntah selama lebih dari 24 jam bahkan sampai berhari-hari, dan kucing kalian menunjukkan gejala yang di sebabkan oleh penyakit yang sudah saya jelaskan di atas segeralah bawa ke dokter hewan terdekat atau medis.

Baca Juga Selengkapnya : Mengatasi Kucing Muntah dan Tidak Mau Makan Hanya Dengan 24 jam

Jika kalian telah melakukan dan mencoba mengobati kucing kalian seperti cara-cara yang tertera di atas, namun masih tetap belum berhasil juga, lebihbaik disini kalian Jangan melakukan hal yang aneh-aneh apalagi sampai memperparah kesehatannya, bawa saja langsung kucing Kalian ke dokter hewan secepatnya dan tanyakan untuk berkonsultasi perihal masalah pada kucing mu itu.

Semoga artikel kali ini dapat membantu kalian dalam menyembuhkan kucing mu yang sedang sakit, jangan lupa klik like dan share agar para pencinta kucing di luar sana tau info pening ini. Terima kasih telah membaca.

Sumber: kucingpedia.com

Facebook Comments