PANDUAN

13 Tanda-Tanda Kucing Sakit Parah

13 Tanda-Tanda Kucing Sakit Parah

Enggok – Untuk menyembuhkan kucing sakit, tentunya disini Kita juga harus tahu dulu apakah kucing benar-benar sedang sakit, dengan mengetahui gejala yang harus diamati saat kucing sedang sakit, itu akan membantu kita juga dalam proses upaya penyembuhannya.

Di sini penulis akan membahas cara-cara mengetahui apakah kucing sedang sakit. penasaran? simak artikel berikut ini.

Ciri-Ciri Kucing Sedang Sakit

13 Tanda-Tanda Kucing Sakit Parah

1. Banyak tidur
Biasanya kucing yang sedang sakit, secara naluriah mereka akan lebih banyak ter tidur, Kucing yang banyak tidur juga merupakan salah satu ciri paling umum yang biasa kita lihat bahwa kucing tersebut sedang sakit.

2. Suhu Tubuh Kucing Meningkat
Biasanya kucing yang sehat memiliki suhu tubuh Kisaran 37,5 hingga 39 derajat Celsius, sedangkan angka berapa pun di atas 39 derajat Celsius dianggap sebagai suhu tinggi, dan lebih dari 39,4 derajat berarti demam. Jika kucing kalian sudah terkena demam segeralah bawa kucing tersebut ke dokter hewan.

Biasanya kucing demam mereka akan kerap tertidur, menolak makanan, dan memiliki bulu kusam yang memucat.

(Baca juga Ciri-ciri kucing demam)

3. Kotoran Kucing Yang Tidak Biasa
Biasanya kucing yang sehat mereka akan memproduksi passes padat dan berbentuk seperti sosis. Jadi apabila kucing diare dan ber passes cair sudah pasti bahwa itu tidak normal. Tapi bila kucing baik-baik saja, tidak ada salahnya untuk kita menunggu selama 24 jam untuk melihat apakah kucing hanya sekedar memakan sesuatu yang menyebabkan gangguan pada perutnya.

Namun jika Kucing Mencret dan disertai muntah, tidak makan, letih, lesu, atau memiliki darah atau lendir (zat seperti jelai) pada passesnya, itu harus segera diperiksa oleh dokter hewan.

Baca selengkapnya Cara Mengobati Diare Pada Kucing

4. Perubahan Nafsu Makan Kucing
Jika terjadi perubahan pada pola makan kucing yang biasanya kucing tidak makan banyak, atau makan lebih daripada biasanya, itu bisa jadi terdapat sebuah masalah pada tubuhnya.

Namun ada juga kucing yang sedang sakit mereka menunjukan tanda ketidaktertarikan pada makanan selama sehari penuh, hal itu bisa jadi terdapat berbagai masalah dari makanan yang tidak jelas masuk ke dalam perutnya, merasa mual, hingga permasalahan pada ginjal.

Apabila kucing menolak makanan selama lebih dari 24 jam, segeralah periksakan kucing ke dokter hewan agar dapat diperiksakan masalahnya sebelum muncul komplikasi.

5. Kucing Jadi Sering Minum
Perubahan pada kebiasaan minum kucing juga harus anda waspadai. Berapa banyak takaran kucing minum itu tergantung dari apakah kucing mengkonsumsi makanan basah atau makanan kering . Banyak dari kondisi ini menyebabkan rasa haus yang meningkat, seperti beberapa jenis infeksi, penyakit ginjal, tiroid yang terlampau aktif, dan diabetes.

Baca Juga  Inilah Penyebab Mata Kucing Berair dan Cara Mengobatinya

Apabila kucing keseringan minum atau dia selalu haus, cobalah anda periksakan ke dokter hewan ada maslah apa pada tubuhnya. bisa juga kalian melakukan pemeriksaan fisik secara manual denagn cara, Tarik kulit ke atas menjauh dari tubuh kucing kemudian lepaskan. Apabila kulit kucing tidak langsung kembali pada tempatnya, besar kemungkinan kucing sedang mengalami dehidrasi.

6. Bulu Yang Kusam
Bulu juga bisa menjadi tanda-tanda bahwa kucing kita sedang sakit, Kucing yang sakit biasanya tidak memiliki tenaga untuk membersihkan diri mereka. Biasanya bulu yang selalu berkilau dan terawat menjadi kusam, kusut, dan tidak teratur. Kucing stres juga Memang dapat mempengaruhi kerontokan atau perubahan pada kebiasaan merapikan diri, namun bisa jadi kucing Anda memang sakit beneran, maka segeralah cek dan konsultasi ke dokter hewan.

7. Muntah Kucing

13 Tanda-Tanda Kucing Sakit Parah
Kucing yang muntah belum tentu sakit, namun apabila Iya muntahnya itu berkali-kali dalam sehari dan terlihat tidak bersemangat, kemungkinan ia sedang sakit. Cobalah sodorkan air ke si kucing, lihat apakah dia muntah lagi atau malah menolak air tersebut, jika terjadi hal seperti itu segera periksakan kucing kalian ke dokter hewan.

Memang Kebanyakan kucing senang sekali muntah, Kucing muntah dalam frekuensi yang jarang (satu atau dua kali seminggu) itu merupakan cara mereka dalam membersihkan sistem tubuh. Hal ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan pada kucing yang aktif, responsif, bertingkah normal, dan makan dengan baik.

Baca selengkapnya mengenai

8. Kucing Lesu
Biasanya kucing yang sedang demam ditandai dengan tnada tanda seperti Lesu, tidak bertenaga, kadang mereka kesulitan untuk bernapas, atau kucing merasa kesakitan. Memang tidak jauh beda dengan kucing yang tidur lebih banyak karena kucing lesu itu ia terbangun namun tidak memiliki tenaga untuk berinteraksi. Apabila kucing lesu dan bernapas lebih cepat, segeralah bawa kucing ke dokter hewan.

9. Nafas Kucing Tidak Biasa
Untuk mengetahui kucing sakit Kalian juga bisa mendengarkan nafas mereka, apabila kucing kalian bernapas dengan sangat cepat dan dangkal atau mereka bernafas dengan mulut terbuka dan tanpa usaha, kalian harus cepat membawanya ke dokter hewan. kalian juga bisa mengukur seberapa tidak wajarnya kucing kalian bernafas. Apabila kalian menyadari otot perut kucing naik-turun saat ia bernapas berarti itu ia sedang kesakitan, kunjungi dokter hewan segera. (Baca juga Ciri-ciri Kucing flu)

Baca Juga  Cara Mengatasi Kucing Stres Dengan Mudah

10. Perhatikan Mata Kucing
Kucing yang sedang sakit juga bisa kita periksa dari mata mereka (juga hidung), bila adanya kotoran berlebih atau mata kucing berair secara tidak wajar dan kucing seringkali terlihat seperti menangis, kucing itu mungkin alergi terhadap sesuatu atau memiliki infeksi sinus. Jika adanya kotoran berlebih dimatany bersamaan dengan mereka yang sering minum/kencing berlebih, lesu, dan bulu yang lusuh, segeralah periksakan kucing tersebutke dokter hewan untuk kemungkinan ia terkena gagal ginjal.

Baca lebih lengkap Cara Mengatasi Kucing Sakit Mata 

11. Perubahan Warna Pada Gusi
Untuk mengetahui hal ini kalian bisa lihat ke dalam mulut kucing secara langsung, apabila kalian menemukan perubahan warna pada gusi kucing, terutama gusi hitam, menjadi sangat pucat, maka kucing kalian mungkin sedang sakit. kalian juga bisa mencium bau napas kucing. Apabila terdapat bau yang aneh, yang tidak disebabkan oleh makanan kucing, mungkin terdapat suatu masalah pada kesehatannya.

12. Adanya Kutu

13 Tanda-Tanda Kucing Sakit Parah

Kutu pada kucing juga merupakan salah satu biang penyakit yang bisa menyebabkan komplikasi penyakit yang lain, adanya kutu pada tubuh kucing itu juga bisa menandakan bahwa kucing kita sedang dalam kondisi yang kurang baik.

Baca selengkapnya mengenai

13. Penyakit Saluran Kemih Bawah Pada Kucing (FLUTD)

13 Tanda-Tanda Kucing Sakit Parah

Kalian juga harus bisa melihat tanda-tanda FLUTD meliputi masalah buang air kecil yang sulit atau sering, hilangnya nafsu makan, lesuan, darah pada urine, dan kerap menjilati alat kelaminnya.

Penyakit ini merupakan radang yang menyakitkan pada saluran kemih bawah kucing yang berpotensial sangat mematikan dan proses yang cepat. Penyakit FLUTD ini terdapat banyak penyebab diantaranya seperti, dari asupan air yang berkurang dan urine yang mengandung virus, bakteri, atau diet. Beberapa makanan kering yang dikonsumsi dapat menyebabkan kristal menumpuk dalam urine yang kemudian kristal itu dapat membuat lapisan kandung kemih lecet dan iritasi. Apabila ini dibiarkan terus menerus, dapat membentuk batu kandung kemih yang berpotensial menjadi masalah serius pada kucing apabila menyebabkan penyumbatan.

Itulah tanda-tanda kucing sakit yang bisa kita amati sendiri, penting bagi kita untuk bisa mengontrol kesehatan kucing kesayangan kita, agar saat nanti kita tidak terlambat dalam mengobatinya. Terima kasih telah membaca artikel kali ini, sampai berjumpa lagi di artikel berikutnya.

Referensi: id.wikihow.com

Facebook Comments