PANDUAN, TIPS & TRIK

10 Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

10 Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

Enggok.com – Bagi kalian para pencinta kucing, tentunya memiliki bayi kucing dan merawat anak kucing merupakan salah satu impian setiap penyayang kucing, karena melihat kelakuan mereka yang jenaka imut dan lucu merupakan kesenangan tersendiri untuk kita.

Namun tentunya sebagai pemilik kita juga dituntut untuk tahu cara menangani bayi kucing tersebut, karena perlakuan kepada mereka sangat berbeda dengan perlakuan terhadap kucing dewasa. Apalagi jika kucing tersebut tidak memiliki induk.

Bagi anak kucing 1 hingga 3 bulan merupakan usia krusial, dimana anak kucing tersebut baru mulai tumbuh dan masih sangat bergantung pada induknya, sehingga peran manusia disitu tidak terlalu perlu ikut campur hanya perlu mengawasi saja. Namun beda cerita apabila anak kucing tersebut tidak memiliki induk, maka disini anda harus memberikan perhatian ekstra kepada bayi bayi kucing tersebut, mulai dari membeli mereka makan, membersihkan tubuh mereka, hingga mengajarinya buang air.

Maka dari itu, kali ini penulis akan mencoba memberikan beberapa cara tentang Bagaimana merawat anak kucing agar nantinya mereka bisa tumbuh besar dan sehat.

1. Persiapkan Tempat Untuk Bayi Kucing

10 Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

Dalam mempersiapkan tepat untuk bayi kucing Kita juga harus selalu memperhatikan suhu kandang nya juga supaya tetap hangat, karena merawat anak kucing terutama yang baru lahir mereka masih rentan dan tidak tahan terhadap udara yang dingin atau panas.

Bila perlu kita bisa membelikan mereka bantalan penghangat khusus untuk anak kucing dan anak anjing, tapi jika tidak ada, masih bisa diganti dengan cara memasang bola pijar di dalam kandangnya atau bisa juga dengan botol air panas yang dibungkus kedalam handuk. Semua cara-cara diatas bertujuan untuk membantu suhu anak kucing tetap terjaga dan stabil, karna mereka sangat rentan dan tidak tahan terhadap suhu dingin.

2. Bantu Induk Kucing Dalam Merawat Anaknya

10 Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

Jika bayi kucing kalian tidak memiliki induk maka kalian bisa abaikan poin ini.

Selama dalam kurun waktu 48 jam, atau 2 hari pertama cobalah untuk tidak mengganggu anak kucing dan induknya, karena ini merupakan waktu paling penting dalam membangun ikatan antara induk kucing dan bayinya, dan juga jangan coba untuk memindahkan anak kucing tersebut, karena apabila itu dilakukan, itu akan membuat induknya stres sehingga bisa saja Sang Induk menolak kehadiran anaknya sendiri.

Ketika induk kucing sudah sepenuhnya menyatu dengan sang anak, kira-kira semua itu membutuhkan waktu 5 hari, barulah saat itu anda boleh memindahkan anak kucing tersebut ke tempat yang sudah disiapkan, dan jangan lupa sediakan makanan dan minuman beserta kotak pasir di dekat kandangnya.

Baca Juga  Inilah Ciri-Ciri Kucing Stres Yang Perlu Kamu Ketahui

Karena biasanya induk kucing tidak mau meninggalkan anaknya dalam waktu yang lama, proses itu berlangsung selama dua minggu pertama, sehingga dalam masa proses tersebut usahakan untuk selalu menyediakan hal yang dibutuhkan oleh induk kucing di dekat kandang tempat Sang Induk menjaga anaknya, karena beberapa dari induk kucing sering sekali memilih untuk kelaparan daripada harus meninggalkan anak-anak untuk mencari makan.

3. Selalu Pastikan Semua Anak Kucing Selalu Menyusui Pada Induknya

10 Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

Anak kucing yang baru lahir biasanya akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur dan hanya terbangun setiap 2 atau 3 jam sekali untuk menyusu, Apabila anak kucing tidak menyusu, atau salah satu dari anak kucing lain mendorongnya menjauh dan tidak kebagian susu dari induknya, Anda dapat melengkapi asupan anak kucing tersebut dengan susu botol.

Untuk mengetahui Diteil bagaimana cara memberikan makan anak kecil dengan botol susu bisa baca Disini.

4. Perhatikan Kelancaran Buang Air Anak Kucing

10 Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

Anak kucing yang baru lahir biasanya mereka belum lancar dalam urusan buang air kecil dan buang air besarnya sehingga mereka masih membutuhkan rangsangan dari induknya, biasanya Sang Induk akan menjilati anus atau saluran kencing anaknya untuk membantu mereka mengeluarkan kotorannya.

Namun apabila sang anak tidak didampingi oleh induknya, maka disini peran manusia sangatlah penting dalam membantu mereka dalam urusan buang air, kita bisa membantu dengan cara menggosok halus pada anus dan saluran kencing dengan kapas atau tisu basah, hal ini juga bertujuan untuk membantu mereka memberikan kenyamanan, dimana kucing yang notabenenya merupakan hewan yang suka kebersihan.

5. Periksa Bobot Bayi Kucing Selama 2 Bulan Pertama

10 Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

Bobot anak kucing yang baru lahir biasanya mereka akan naik dua kali lipat pada satu minggu setelah mereka dilahirkan bahkan mereka akan tumbuh terus sekitar 14 gram setiap harinya selama satu minggu pertama.

Namun jika bobot tubuh anak kucing berhenti bertambah atau malah justru sebaliknya ini berarti terdapat masalah dan mungkin si anak kucing perlu dibawa ke dokter hewan.

Sebagai contoh anak kucing yang baru saja lahir berat mereka sekitar 90 – 110 gram, pada usia sekitar 2 minggu anak kucing seharusnya mereka sudah memiliki bobot sekitar 198 gram dan setelah 3 minggu biasanya mereka sudah mencapai berat 283 gram. Penting juga untuk selalu diperhatikan apakah proses menyusui Sang Induk Normal atau tidak, namun apabila prosesnya normal tapi si bayi tetap saja kurus kita bisa memberikan nutrisi pada bayi kucing untuk menambah nafsu makan bagi bayi kucing tersebut.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Ampuh dan Mudah

Baca Lebih Lanjut Cara Membuat Kucing Gemuk

6. Bersihkan Matanya Secara Rutin

10 Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

Biasanya bayi kucing yang baru lahir mata mereka semuanya tertutup, namun disaat usianya menginjak 2 mingguan mereka mulai membuka matanya, setelah mata kucing mulai terbuka cobalah bagi kalian untuk selalu rutin membersihkan matanya setiap hari agar matanya bersih, bisa dengan cara menggunakan air hangat yang dicelupkan pada tisu untuk membersihkannya.

7. Jaga Selalu Kebersihan Kandangnya

10 Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

Dalam merawat anak kucing hal ini sangat penting dalam upaya menghindari bayi kucing terkena penyakit dan kutu kucing , lebih baiknya lagi anda coba menggunakan sensipads/perlak/underpads sebagai alas kandang, ini bisa digunakan sebagai alas agar bayi kucing selalu kering karena biasanya bayi kucing yang baru lahir belum bisa buang air di pasir seperti kucing dewasa pada umumnya.

Baca lebih lengkapnya Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Mudah

8. Jangan Memberikan Susu Sapi Pada Bayi Kucing

10 Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

Selalu ingat untuk memberikan susu khusus pada bayi kucing yang telah anda beli di petshop, dan jangan coba-coba untuk memberikan mereka dengan susu sapi karena kandungan gula atau laktosa dari susu sapi dapat membuat anak kucing menjadi sakit perut.

Baca Lebih lanjut Cara Mengobati Kucing mencret 

9. Jangan Dulu Dimandikan Sebelum Usianya 9 Minggu

10 Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

Meskipun kebersihan bayi kucing harus dijaga agar hidupnya sehat dan terhindar dari banyaknya penyakit dan kuman, namun bayi kucing yang belum menginjak usia 9 Minggu itu tidak boleh dimandikan. Apabila itu dilakukan bisa berakibat si induk bisa saja mengabaikannya, yang akhirnya tentu kurang baik bagi perkembangan bayi kucing tersebut.

10. Jika Terjadi Masalah Kesehatan Segera Hubungi Dokter Hewan

10 Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

Bayi kucing yang baru lahir biasanya mereka rentan terserang penyakit dan kuman, apabila itu terjadi akan berdampak buruk bagi kesehatan mereka dan berujung pada kematian Bila tidak ditangani lebih lanjut. Disinilah Anda harus bisa melihat tanda-tanda Gangguan itu dalam masa merawat anak kucing tersebut dan apabila itu nampak Segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan perawatan.

Jangan lupa juga selalu periksakan mereka ke dokter secara berkala, itu akan lebih baik lagi apabila anda membawanya untuk diberi vaksin atau diperiksakan kesehatannya hingga bayi kucing terlindung dari infeksi berbagai macam virus penyakit.

Dengan menerapkan beberapa cara diatas semoga bayi kucing Anda bisa tumbuh besar dan sehat, sekian dari penulis untuk artikel Cara Ampuh Merawat Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat, Terimakasih telah membaca.

Referensi:  www.id.wikihow.com

Facebook Comments